Dark
Light

Kompas Gramedia Mengganti Nama Gramedia.com Menjadi Grazera.com

1 min read
June 14, 2013

Online store Gramedia.com telah mengganti nama domain menjadi Grazera.com. Salah satu unit usaha online dari Kompas Gramedia tersebut memutuskan mengganti nama domain-nya pekan ini dan mengumumkannya lewat pesan singkat kepada pelanggan dan juga anggota yang terdaftar di situs tersebut. Tepatnya pada 12 Juni 2013 kemarin, nama domain Gramedia.com telah dialihkan menjadi Grazera.com berikut dengan pengenalan logo baru yang mencerminkan kedua nama tersebut guna mengenalkannya kepada masyarakat.

Grazera.com, yang dijalankan oleh grup Gramedia Digital ini, sejatinya berbeda dengan GramediaOnline.com yang merupakan “tangan kanan” dari Toko Buku Gramedia – divisi ritel dari kelompok penerbit Kompas Gramedia. Perusahaan media raksasa ini telah mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam lima dekade terakhir, hal ini ditandai dengan beberapa divisi dan unit bisnisnya yang berujung pada berbagai produk dan jasa yang saling tumpang tindih, terlebih pada saat menghasilkan produk berbasis web.

Edi Taslim selaku direktur dari Kompas Digital yang berwenang langsung mengelola Gramedia Digital dan juga Kompas.com menjelaskan kepada DailySocial perihal perubahan nama domain tersebut. Menurutnya, keputusan untuk merubah nama domain tersebut dikarenakan toko online tersebut akan melakukan ekspansi portfolio produk selain buku dan produk cetak lainnya. Dengan kata lain, nama Gramedia lebih dikenal masyarakat sebagai penerbit media cetak seperti buku, majalah, dan lain sebagainya, dan berhubung toko online Gramedia akan menjual produk-produk lain, tampaknya perusahan ingin toko tersebut menggunakan nama yang berbeda.

Edi juga menambahkan, penggabungan Grazera.com  dengan Gramediaonline.com sebagai bentuk upaya untuk mengurangi kepentingan yang saling tumpang tindih seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebagai kepala pimpinan dari unit digital Kompas Gramedia, dirinya ingin merampingkan kelompok bisnis digital agar jauh lebih praktis dari sebelumnya. Dengan kebijakan ini diharapkan dapat mengurangi kebingungan publik dan memperjelas masing-masing unit usaha dari Kompas Gramedia.

Selain itu, saat ini Grazera.com beroperasi dibawah naungan grup digital Kompas Gramedia yang merupakan tanggung jawab Edi Taslim namun, setelah rencana penggabungan dengan Gramediaonline.com terealisasi, unit usaha hasil dari merger tersebut akan beralih tangan ke grup ritel dan penerbit buku Kompas Gramedia. Berbeda dengan rebranding image yang dilakukan oleh Kompas.com beberapa waktu lalu, perubahan ini tidak disertai dengan pengumuman maupun acara besar seperti halnya yang dilakukan oleh Kompas.com, begitu juga dengan tampilan situsnya yang tak berubah, hanya nama dan alamatnya yang berganti.

Apakah perubahan ini juga akan berdampak pada toko buku Gramedia di seluruh Indonesia setelah Grazera dialihkan ke unit ritel masih belum diketahui, namun melihat kepercayaan dan nama besar Gramedia yang telah dibangun selama bertahun-tahun sebagai toko buku populer, nampaknya hal tersebut akan sulit terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Studio Game Bandung Digital Happiness Menangkan Best Startup Bubu Awards v.08 Dengan DreadOut

Next Story

[DS Notes] Microsoft Releases Office 365 App for iPhone

Latest from Blog

Don't Miss

Potensi dan Tantangan Game Blockchain di Indonesia

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Newzoo dengan Crypto.com, sebanyak 40%
Gramedia Digital

Fokus Gramedia Digital Perkuat Strategi “Omnichannel”

Aturan kerja dari rumah akibat PSBB dinilai menjadi momentum penting