15 September 2022

by Lukman Azis

GoPro Umumkan 3 Action Camera Hero 11 Black, Termasuk Model Baru Kreator & Mini

Fitur ketiga action camera GoPro Hero 11 Black terbilang identik dan pengguna bisa memilih form factor yang sesuai dengan kebutuhan

GoPro telah mengumumkan tiga model action camera generasi terbarunya, mereka adalah Hero 11 Black, Hero 11 Black Creator Edition, dan satu lagi Hero 11 Black Mini. Ketiga kamera ini mengusung sensor gambar yang didesain ulang dengan ukuran lebih besar dan beresolusi lebih tinggi daripada pendahulunya.

Sensor baru di dalam GoPro Hero 11 Series bertipe 1/1.9 inci (6,4x5,6 mm) yang dapat merekam video 10-bit hingga resolusi 5,3K sampai 60 fps. Ia dapat menangkap lebih banyak bidang vertikal berkat opsi aspek rasio 8:7, sehingga memungkinkan lebih banyak ruang untuk crop, baik untuk horizontal crop maupun vertikal crop untuk dibagikan ke platform video pendek seperti Instagram Reels, TikTok, YouTube Short, dan lainnya.

Fitur lain yang ditawarkan adalah mode HyperView baru yang dapat menangkap bidang pandang dalam 16:9 terluas yang pernah ada di GoPro Hero original. Mereka dilengkapi teknologi HyperSmooth 5.0 dengan 360ΒΊ Horizon Lock untuk menjaga rekaman tetap stabil.

Selain itu, ada tiga preset Night Effect Time Lapse baru untuk menangkap star trails, light painting, dan kendaraan bergerak. TimeWarp 3.0 pada 5,3K untuk video hyperlapse beresolusi lebih tinggi, dan baterai Enduro baru yang memperpanjang waktu perekaman video hingga 38%.

GoPro Hero 11 Black

Lalu, apa yang membedakan antara Hero 11 Black, Hero 11 Black Creator Edition, dan Hero 11 Black Mini? Untuk Hero 11 Black adalah model standar dengan semua fitur yang disebutkan di atas dalam form factor yang identik dengan pendahulunya Hero10 Black.

Beralih ke Hero 11 Black Creator Edition, kamera yang didesain untuk para pembuat konten ini menggunakan dasar yang sama seperti Hero 11 Black. Namun dibekali berbagai aksesroi tambahan untuk pengambilan audio dan video dengan kualitas yang lebih baik.

GoPro Hero 11 Black
Creator Edition

Secara khusus, GoPro menyertakan battery grip dengan tombol kontrol untuk operasi satu tangan dan meningkatkan waktu perekaman hingga empat jam. Dilengkapi mikrofon directional opsional, input mikrofon eksternal, port HDMI untuk menggunakan layar eksternal, lampu LED, dan dua dudukan cold shoe untuk menambahkan aksesori lainnya.

GoPro Hero 11 Black
Mini

Sedangkan untuk Hero 11 Black Mini, sesuai namanya ia adalah Hero 11 Black dengan kemampuan yang sama dalam ukuran lebih kecil dan ringan. Demi mencapainya, GoPro memangkas layar yang menghadap ke depan, hanya ada layar kecil dan tombol rekam di atas.

Sekarang mari bahas harganya, GoPro Hero 11 Black ternyata sudah tersedia di Indonesia, di GoPro Official Store Tokopedia dijual seharga Rp8.799.000. GoPro Hero 11 Black Creator Edition dan Hero 11 Black Mini belum tersedia, harga globalnya masing-masing US$700 (Rp10,4 jutaan) dan US$400 (Rp5,9 jutaan).

Sumber: DPreview