Gaming News

Google Stadia Demonstrasikan Fitur Inovatif State Share Lewat Game Sandbox Berjudul Crayta

22 Jun 2020 | Glenn Kaonang
Bermain bersama-sama cukup semudah berbagi link

Beberapa hari lalu, Google mengumumkan Crayta, sebuah game sandbox ala Minecraft atau Roblox yang akan dirilis secara eksklusif (sementara) untuk layanan cloud gaming-nya, Stadia. Digarap oleh Unit 2 Games menggunakan Unreal Engine 4, Crayta sepintas terkesan seperti Fortnite tapi tanpa sesi tembak-menembak yang intens.

Game ini akan tersedia secara cuma-cuma buat para pelanggan Stadia Pro mulai 1 Juli mendatang, tapi yang lebih menarik justru adalah fitur bernama State Share yang dibawanya.

State Share pada dasarnya memungkinkan pemain untuk berbagi save file lewat sebuah tautan. Pada Crayta, pemain lain yang mengklik tautan tersebut bisa langsung bergabung ke dalam sesi permainan milik sang pembagi link dan lanjut bermain bersama-sama. Gambaran lebih jelasnya bisa dilihat langsung pada video di bawah ini.

Berhubung Crayta sendiri merupakan permainan kolaboratif, fitur semacam ini tentu sangat cocok dan bakal sangat bermanfaat buat pemain. Dari kacamata sederhana, State Share bisa dipandang sebagai versi canggih dari fitur party invite yang biasa terdapat pada game multiplayer.

State Share sejatinya juga bisa menunjukkan kapabilitas sebenarnya dari sebuah layanan cloud gaming. Tidak ada lagi proses rumit dalam sesi multiplayer seperti menentukan siapa yang menjadi host, lalu menambah pemain lain ke dalam friend list sebelum mengirimkan undangan bermain; semua itu bisa digantikan oleh satu link yang simpel.

Pada kenyataannya, State Share merupakan salah satu fitur unggulan yang Google umumkan dalam acara perkenalan Stadia tahun lalu. State Share sejauh ini masih berstatus beta, tapi saat sudah benar-benar matang nanti, tentu saja fitur ini juga akan merambah sejumlah game lain.

State Share juga punya potensi untuk mempererat interaksi para streamer dan penontonnya. Bayangkan saja seorang streamer membagikan link menuju sesi permainannya di sebuah live chat, lalu penonton (yang juga punya akses ke Stadia dan game yang bersangkutan) dapat mengklik link tersebut dan langsung ikut bermain bersama. Interaksi semacam ini sulit diwujudkan tanpa adanya fitur seperti State Share.

Dari perspektif lain, State Share juga berpotensi memperkenalkan kita pada kebiasaan baru dalam bermain game, yakni memperlakukan save file layaknya sebuah bookmark pada browser. Jeleknya, ini mungkin bisa menjadi ‘pembunuh produktivitas’ yang cukup efektif.

Sumber: Inverse dan Unit 2 Games.