Dark
Light

Google Reader: “Spring Cleaning!”

1 min read
May 25, 2010

Google mengumumkan beberapa perkembangan atas layanan mereka, Google Reader. Mulai dari opsi untuk memberi komentar dari ‘shared items’ di Google Reader, menghentikan dukungan untuk browser ‘tua’, dan menghentikan akses offline Google Reader lewat Google Gears.

Perubahan pada opsi ‘shared items’, jika sebelumnya anda harus masuk dalam sharing group tertentu untuk bisa memberikan komentar pada sebuah konten atau ‘items’ di Reader, kini Google memberikan kemudahan bagi usernya. Asalkan anda bisa melihat konten yang dibagikan oleh user lain, maka anda bisa langsung memberi komentar pada ‘items’ tersebut.

Perubahan ini juga diumumkan dengan notifikasi yang akan muncul ketika anda pertama kali membuka Google Reader, notifikasi ini hanya akan berlaku bagi user yang membuat setting Reader mereka dalam mode ‘sharing publicly’. Akan ada kotak pilihan dimana anda bisa memilih untuk tetap membagikan ‘items’ di Reader untuk publik dan mempersilahkan user lain untuk bisa memberikan komentar, atau anda bisa memilih, hanya akan membagikan apa yang ada di Google Reader anda hanya untuk relasi yang anda pilih.

Sedangkan untuk user yang membuat setting-an Reader mereka secara tertutup, tidak akan ada perubahan, dan tidak akan ada notifikasi tentang perubahan ini, karena setting-nya memang tidak berubah. Anda juga tetap bisa melakukan berbagai perubahan akan setting ini di opsi ‘sharing setting’ yang bisa ditemukan di tab ‘people you follow’.

Selain itu Google juga mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk Google Reader bagi browser ‘tua’ seperti Internet Explorer 6, Firefox 1.0 dan 2.0, Safari 2.0 dan 3.0, dan Chrome 1.0, 2.0 dan 3.0, mengikuti beberapa aplikasi lain yang telah lebih dulu melakukan ini seperti contohnya Google Docs.

Google lebih memilih mengembangkan Reader untuk teknologi ke depan dari pada harus memperbaiki berbagai issue yang berkaitan dengan browser-browser ‘tua’ tersebut. Satu lagi perkembangan dari Google Reader, mulai tanggal 1 Juni ini, Google tidak akan lagi memberikan layanan offline untuk Reader. Perubahan ini dikarenakan tidak terlalu banyak user yang menggunakan Reader versi offline, selain juga, dikarenakan kemampuan Gears telah dilampaui oleh HTML 5.

Tapi bagi mereka yang masih ingin menggunakan Reader secara offline, anda bisa menggunakan aplikasi yang dikembangkan pihak ketiga seperti NetNewsWire untuk Mac OS X, FeedDemon untuk Windows, serta Liferea untuk pengguna Linux.

Meskipun proses sharing di Google Reader jarang sekali saya pakai, tapi sebagai salah satu aplikasi yang paling sering saya gunakan ketika bekerja di internet, pilihan opsi yang berkaitan dengan privasi ini menjadi salah satu cara yang patut ditiru oleh aplikasi lain, selain itu Google juga sepertinya mau men-social-kan aplikasi-aplikasi mereka, salah satunya Google Reader ini, yang meskipun sudah memungkinkan fitur memberi komentar, tapi dengan penambahan ‘kecil’ ini maka proses memberi komentar pada konten yang dibagikan di Reader menjadi lebih mudah.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. The Title is : “Spring Cleaning”? Do you know what it exactly mean?
    That's for Springtime that not exist in Indonesia. Fix the title, be careful what you type for.
    Adapt the tittle with the common reader's location.

    i.e. : Google Reader: New Updates! or Google Reader: New Option!
    Looks like you're only translated the blog-post [with some changes]
    Thanks.

  2. Mas Haidar, terima kasih atas kritiknya, tapi saya memutuskan untuk tidak merubah judul dengan beberapa alasan, karena antara lain, dengan menggunakan titik dua, saya mau menunjukkan bahwa yang mengatakan/melakukan Spring Cleaning adalah Google, dan itu dilakukan di markasnya Google, yang disana terdapat Springtime.

    Tapi untuk tidak membuat bingung, karena memang Springtime tidak ada di semua wilayah di dunia ini, serta layanan Google memang digunakan secara luas, maka saya menambahkan tambahan tanda kutip sebagai penjelas atau penanda spesifik bahwa Spring Cleaning yang dimaksud adalah kegiatan yang dilakukan Google.

    Sekali lagi terima kasih atas kritik dan komentarnya, semoga bisa membuat saya menulis lebih baik lagi. 😀

  3. Well, but you should explain about the title that not related to Indonesia.
    The social media is spreading so fast, and there will be a misunderstanding.
    Not all the readers could understand all about the writing method you used.
    You can add more information / explanation below the article.

    At last, you must link the modified post to the official / original post.
    Moreover, the complete source where you got the information.
    [Usually called “Permalink” or “Links to this post”]
    Not placed in the words [ex: “Google Mengumumkan”]

    Thanks for your reply :]
    “The Great Site Started from the Great Words”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

BREAKING NEWS: Yahoo! Akuisisi Koprol

Next Story

Alasan Yang Bagus Untuk TIDAK Menghapus Account Facebook Anda

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan