Dark
Light

Google Image Tampilan Baru

1 min read
July 22, 2010

Rasanya hampir ngga ada yang ngga tau Google Image Search, salah satu perangkat paling berguna di internet, sekaligus tempat membuang-buang waktu yang paling menyenangkan. Kemarin mereka mengumumkan pembaruan disain untuk halaman hasil pencarian gambar ini. Apa saja yang baru?

Fitur baru yang ditampilkan antara lain adalah tata letak yang lebih padat, jadi gambarnya terlihat lebih besar dan jelas, disertai dengan preview yang lebih besar saat mouse berada di atas salah satu gambarnya. Berikut perbandingannya yang baru dan yang lama:

Kemudian scrolling halaman terus menerus hingga 1000 gambar, jadi ngga usah nge-load halaman berikutnya, dan bisa dilakukan dengan tombol page up/down pada keyboard. Dan juga landing page baru yang langsungmemperlihatkan halaman asal gambar tersebut berada.

Secara fungsionalitas memang ngga ada yang baru, tampilan-tampilan ini lebih mengarah ke sisi estetika dan kenyamanan penggunanya. Memang kalau dibandingkan dengan tampilan hasil pencarian dari Bing, Google Image boleh menyombongkan diri karena lebih enak dilihat. Malahan dengan kata kunci yang sama, Bing menampilkan tiga gambar yang sama di awal hasil pencarian. Tapi satu fitur scrolling terus-menerus sebenarnya sudah lebih dulu digunakan oleh Bing.

Nah kemudian ada lagi pengumuman yang ngga kalah penting, tetapi terkesan diam-diam saja, yaitu mereka siap meluncurkan Image Search Ads. Dari namanya mungkin udah ketebak, makhluk ini adalah iklan yang muncul di antara hasil pencarian gambar, berupa thumbnail sebuah gambar beserta teks iklannya. Iklan ini hanya (baru?) akan muncul di Google Images saja, jadi belum akan menggantikan atau memperkaya AdWords mereka.

Pembaruan ini akan dijalankan bertahap ke semua pengguna hingga akhir minggu ini. Elo udah dapet? Selamat bermain-main!

6 Comments

  1. tambah mantap nih google.. ooh iya kasih ulasan berita tentang Google Wave dong udah lama nih tidak ada berita tentang Google Wave.. 🙂

  2. sudah seminggu ini trafik dari image search saya kok turun drastis ya biasanya 5ribuan jadi 500an
    tau kenapa ya? ada yang tau?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Facebook Resmi Capai 500 Juta Pengguna

Next Story

LintasBerita Sucks More Traffic With Their Frame Bar

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan