Dark
Light

Google Friend Connect Rilis API Perdana

1 min read
March 13, 2009

Google Friend Connect harus mulai bekerja cepat untuk mengejar ketertinggalannya dari Facebook Connect setelah langkah cepat dari Facebook untuk “menyebarkan” penggunaan Facebook Connect.  Kini Google mengumumkan rilis perdana API dari Google Friend Connect yang menggunakan Javascript dan REST untuk mengembed GFC secara langsung ke file HTML anda. Google juga menyediakan API untuk pengembang yang ingin membuat plugin untuk CMS seperti Drupal dan WordPress, dan juga sistem authentifikasi yang lebih baik untuk pengguna gadget menggunakan sistem milik OpenID, OAuth, dan OpenSocial). Google bahkan merilis snippet plugin untuk WordPress, Drupal, dan PhpBB demi mempermudah pengembangan aplikasi oleh pihak ketiga.

API yang dirilis ini dibuat sangat fleksibel dengan tujuan mempermudah instalasi oleh pengguna yang tidak terlalu mendalami pemrogramman (minimum knowledge). Pada dasarnya pengembang diberi kebebasan untuk menggunakan sistem autentifikasi Google untuk keperluan seperti maintain dan mengelola komunitas, pengunjung, dan social information lainnya yang berurusan dengan OpenSocial.

Untuk para developer, silahkan masuk ke halaman utama Google Friend Connect dan masuk ke menu “For Developers”. Selamat mencoba 🙂

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Yahoo! Pingbox for Facebook

Next Story

Building43 – Jajahan baru Scoble

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan