Dark
Light

Google File Transfer di iGoogle dan Orkut Serta Facebook Connect di YouTube

1 min read
March 31, 2010

Sejak tanggal 29 Maret kemarin fitur chatting di Google kini memungkinkan anda untuk mengirimkan file secara langsung.

Google lewat Blog mereka mengatakan bahwa user kini bisa mengirimkan foto, document dan file lain langsung di fitur chatiing yang tersedia di iGoogle dan Orkut chat. Jadi ketika anda sedang berbincang dengan relasi anda atau klien anda dan membutuhkan transfer file anda tidak perlu lagi mengirimkan lewat email, cukup mengirimkannya sambil chatting.

Untuk mencobanya, anda tingal meng-klik tab action yang terdapat pada kolom chat, kemudian pilih send a file (kirim berkas). Nantinya teman dan yang akan dikirim file diberi pilihan apakah akan menerima file atau menolaknya.

Fitur baru ini juga kompatibel dengan fitur transfer lain yang tersedia di Google Talk downloadable software yang merupakan salah satu fitur dari Google yang memungkinkan user melakukan transfer file sambil mengobrol, jadi user bisa share file dengan user lain yang menggunakan versi desktop.

Fitur ini mungkin tidak begitu baru dan ‘aneh’, terutama untuk pengguna YM yang sudah bisa melakukan fitur kirim file ini jauh-jauh hari (CMIIW) tapi ternyata memang fitur ini cukup ditunggu, apalagi Google juga berjanji akan mengimplementasikan fitur transfer ini ke Gmail, lewat aplikasi chat, yang memang sudah ditunggu banyak orang.

Sepertinya memang tinggal menunggu waktu, untuk para pengguna chat di Gmail semakin dimanjakan dengan fitur transfer file ini, kapan waktunya, mari kita sama tunggu kabar dari Google selanjutnya.

Berikut ada kabar juga dari ‘anaknya’ Google, YouTube, yang terus mencoba menjadi lebih social.

Setelah user bisa connect ke akun YouTube dengan akun Facebook untuk menikmati fitur AutoShare untuk melihat video apa saja yang di-subscribe oleh teman anda,  kini user YouTube bisa melihat video apa saja yang sedang di-share oleh teman anda ini ke profile mereka di Facebook.

Fitur ini sebenarnya telah dijalankan oleh YouTube secara under the radar, namun kini setiap kali user login ke akun YouTube maka akan muncul invitation seperti ini:

Bahkan YouTube juga berencana untuk menambahkan integrasi dengan berbagai social network lain. Yup, mengikuti ‘bapaknya’ yang semakin social dengan Buzz, kita lihat fitur social apa lagi yang akan muncul dari Youtube.

Selain itu beberapa perkembangan baru juga diumumkan oleh YouTube lewat blog mereka, seperti fitur Real-Time sharing, perbaikan dilakukan untuk fitur AutoShare yang dulunya membutuhkan waktu 10 menit untuk mem-push konten video yang di share ke Twitter, Facebook atau Google Reader, kini semuanya dilakukan secara real time.

Lalu ada perkembangan dari YouTube Partner Program (YPP) yang diluncurkan beberapa waktu lalu, kini cakupan wilayahnya diperluas ke Mexico dan Israel.

Dan terakhir pengumuman tentang data Subscribers. Kini di dalam fitur Insight, yang merupakan YouTube analytic tool, ditambahkan data tentang subscriber number, yang dipecah kembali menjadi new subscription dan unsubscription untuk per harinya.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda juga menunggu fitur transfer file bisa digunakan di fitur chat di Gmail? Dan bagaimana menurut anda tentang fitur connect to Facebook di YouTube? Jangan lupa share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Indonesian Startups – The Poster

Next Story

Gamelan Alpha 10.4 Sudah Bisa di Download

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan