Dark
Light

Google Docs Merilis Fitur Untuk Memperbaharui File Lama Dengan Lebih Mudah

1 min read
November 4, 2010

Google memperbaharui fasilitas layanan Google Docs, kini para pengguna Google Docs bisa melakukan pembaruan atas file yang pernah diunggah ke Google Docs dengan lebih mudah.

Selama ini Google telah menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah file dalam bentuk apapun, fitur ini muncul awal tahun kemarin, namun untuk memperbaharui file yang sama, pengguna harus membuat file baru dan melakukan pengaturan yang baru juga, kini pengguna bisa melakukan pembaruan atas file yang sama, yang telah diunggah ke Google Docs, tanpa harus membuat file baru.

Jika sebelumnya pengguna yang ingin memperbaharui file yang sama di Google Docs harus mengunggah file yang benar-benar baru, lengkap dengan URL baru serta mengaturnya jika ingin memilah-milah dalam folder tertentu, kini pengguna bisa secara langsung mengunggah file sambil ‘menimpa’ versi lama file dengan versi yang baru.

Untuk mengunakan fasilitas ini, Anda hanya perlu melakukan klik kanan pada file yang ingin diubah, atau memilih file dengan memberi tanda centang dibagian kiri file, kemudian pilih ‘Add or manage version’ yang bisa ditemukan di pilihan menu ‘more actions’. Nantinya akan ada beberapa pilihan untuk mengunggah file versi terbaru, mengunduh versi sebelumnya┬á atau menghapus versi lama jika pengguna telah beberapa kali melakukan pembaruan atas file tertentu.

Fitur atau fasilitas yang ringan tetapi bisa membantu para pengguna dalam mengatur file yang telah ada di Google Docs namun ada pembaruan atas file tersebut tanpa harus menambah file baru. Selain fitur ini, seperti yang dituliskan Google System Blog, Google juga dikabarkan akan segera menambahkan beberapa fitur baru, keterangan ini ditemukan di sumber kode pemograman Google Docs yang menyertakan keterangan tentang fitur yang akan hadir di waktu depan, antara lain Third Party Application, Cloud Printers, serta sinkronisasi antar perangkat.

Meski belum jelas seperti apa kemungkinan perkembangan apa yang akan terjadi pada layanan Google Docs, namun jika pengembangan ini resmi dirilis, beberapa kemudahan yang bisa dinikmati oleh pengguna akan menambah berbagai fasilitas yang ada di Google Docs. Seperti yang dituliskan ReadWriteWeb, pengembangan aplikasi pihak ketiga serta sinkronisasi antar perangkat bisa jadi merupakan fasilitas yang akan ada di Chrome OS Store, yang dikabarkan akan segera hadir akhir tahun ini, sedangkan Cloud Printers, meski fitur ini belum tersedia dan masih dalam tahap pengembangan, namun jika dirilis, fitur ini bisa memudahkan pengguna untuk mencetak dokumen dengan fasilitas Cloud.

Kita lihat perkembangan apa yang akan ditambahkan di layanan Google Docs, sebagai aplikasi kerja untuk mengolah dokumen, meski kemampuannya masih tidak selengkap aplikasi kerja versi desktop, namun Google telah menambah berbagai fitur ke Google Docs dan terus mengembangkan fitur baru.

Sumber: ReadWriteWeb dan GoogleSystem.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. Google membantu user yang sering saling mengirim file pada gmail. Improvement yg dilakukan google sungguh menarik perhatian. Ditunggu artikel selanjutnya! ­čśë

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Digg Kembalikan Bury Button

Next Story

Embed Tweet ke Blog WordPress

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan