Dark
Light

Google Dan Apple Tersandung Masalah Anti-Trust

1 min read
May 5, 2009

Google G1 dan iPhone memang sedang dalam persaingan yang ketat, dan strategi Apple untuk masuk lebih dalam ke dunia web dan internet tentunya makin membuat persaingan makin seru untuk diikuti. Bahkan saking serunya, Google dan Apple sampai-sampai memiliki beberapa eksekutif yang sama, Eric Schmidt (CEO Google), Art Levinson (CEO Genentech), Bill Campbell, dan Al Gore. Eric Schmidt yang bergabung dengan Apple pada tahun 2006, memang belum menimbulkan polemik karena saat itu Apple belum meluncurkan iPhone, namun saat ini tentunya menjadi masalah, khususnya untuk Departemen Kehakiman AS. Bill Campbell dan Al Gore juga sama-sama menjadi board member di Apple dan menjadi Executive Advisor untuk Google, cukup janggal bukan?

Hal ini langsung disikapi oleh Federal Trade Commision untuk mulai menginvestigasi Google dan Apple untuk kemungkinan pelanggaran hukum Anti-Trust yang melarang perusahaan yang bersaing untuk memiliki tim strategis yang sama (Overlapping Board Member).

Namun rupanya masalah Anti-Trust yang dihadapi Google tidak berhenti sampai disini. Google juga dikabarkan akan diinvestigasi untuk kesekian kalinya mengenai masalah Anti-Trust, terutama untuk kasus kampanye Barack Obama yang melibatkan Eric Schmidt, dan akhirnya Schmidt bahkan diangkat mengjadi penasihat kepresidenan Barack Obama. Tak lupa juga kasus dengan para penerbit buku yang mengkritik Google Book Search akan membatasi persaingan antara para penerbit buku.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Jangan Sisipkan Iklan di Video YouTube Anda!

Next Story

Judicial Review UU-ITE Ditolak!

Latest from Blog

Don't Miss

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan

Google Bagikan Trik untuk Mengatur Pekerjaan di Gmail Lebih Optimal

Bagi kalangan pekerja digital, berkomunikasi melalui email masih menjadi salah