7 February 2023

by Galih

Google Chrome Terbaru Dukung Upscaling 4K dari NVIDIA

Para pemilik GPU NVIDIA RTX nantinya akan dapat menggunakan fitur ini

Salah satu teknologi yang dielu-elukan dalam industri video game terutama PC saat ini adalah "video stream upscaling". Dan bila sebelumnya teknologi ini hanya diimplementasikan dalam video game, maka kini fitur tersebut juga akan tersedia di web browser Chrome.

Google baru saja merilis Early Stable Update for Desktop untuk Chrome yang membawa dukungan terhadap fiturย upscaling bernama Video Super Resolution milik NVIDIA. Hal ini membuat video yang diputar di browser juga dapat dibuat jernih oleh GPU NVIDIA RTX.

Teknologi ini pada dasarnya sama dengan fitur DLSS (Deep Learning Super Sampling) yang digunakan untuk video game, sehingga para pemilik GPU RTX 30 Series dan RTX 40 Series dapat menonton video dengan resolusi rendah yang di-upscale hingga menjadi 4K.

Meskipun belum diumumkan secara resmi, namun videocardz.com berhasil menemukan deretan kode yang menunjukkan hadirnya fitur yang disebut sebagai "NvidiaVpSuperResolution".

Image Credit: Chrome (via Videocardz)

Update Google Chrome (110.0.5481.77) tersebut kini memang telah tersedia untuk beberapa pengguna. Namun kemungkinan versi baru Chrome tersebut akan dirilis untuk umum pada 7 Februari 2023.

Meskipun sudah dimasukkan ke dalam Google Chrome, namun fitur ini disebut baru bisa aktif setelah driver baru untuk GPU RTX yang mendukung dirilis oleh NVIDIA.

Kemungkinan besar NVIDIA akan merilis driver-nya beberapa hari sebelum update Chrome tersebut dirilis. Nantinya, para pemilik GPU NVIDIA RTX akan dapat mengaktifkan fitur ini melalui NVIDIA Control Panel secara manual.

Sebelumnya, NVIDIA telah memamerkan implementasi fitur Video Super Resolution tersebut pada gelaran CES 2023 awal tahun lalu. Dalam video tersebut mereka menunjukkan bagaimana menaikkan video yang awalnya beresolusi 1080p menjadi 4K.

Hasilnya pun cukup mengesankan, bagaimana video yang awalnya tampil selayaknya video 1080p di Youtube yang telah melalui proses kompresi kemudian di-upscale untuk mendapatkan hasil video setara 4K.

Tidak hanya sekedar resolusi, namun teknologi NVIDIA tersebut juga memperjelas berbagai detail yang sebelumnya tampak kabur, sekaligus mempertajam berbagai tepian objek untuk membuat videonya secara keseluruhan tampil lebih jernih.

Penerapan fitur RTX VSR ini nantinya akan dapat diaplikasikan pada semua jenis video. Ini berarti fitur upscaling 4K ini tidak akan aktif hanya pada situs tertentu saja, namun di hampir semua situs pemutar video seperti Netflix hingga Disney+.