17 January 2023

by Galih

NVIDIA Broadcast Kini Bisa 'Palsukan' Pandangan Mata ke Kamera

Fitur baru ini bakal sangat bermanfaat bagi para streamer

Menatap langsung ke arah kamera ketika melakukan meeting online atau livestreaming mungkin masih menjadi masalah bagi sebagian orang. Namun tidak perlu khawatir karena NVIDIA ternyata telah mengembangkan teknologi untuk memecahkan masalah tersebut lewat fitur baru di aplikasi NVIDIA Broadcast.

Lewat update terbarunya, NVIDIA Broadcast versi 1.4 akan memiliki fitur baru bernama "Eye Contact". Seperti namanya, fitur tersebut akan menyesuaikan pandangan si pengguna agar dapat nampak sedang melihat tepat ke arah kamera.

Melalui pengumuman di dalam website resminya, NVIDIA menyebut bahwa fitur ini diperuntukkan bagi para content creator yang merekam diri mereka sembari membaca catatan atau skrip.

Tujuannya agar pandangan orang yang tertangkap kamera dapat tetap melihat langsung ke kamera, meskipun pada kenyataannya sang pengguna dengan sengaja menghindari melihat langsung ke arah kamera.

NVIDIA bahkan memastikan bahwa simulasi mata yang dilakukan akan memiliki warna dan juga kedipan yang natural. Selain itu, NVIDIA juga menjaga agar pencahayaan pada mata juga sama dengan kondisi aslinya.

Namun karena fitur ini masih berada di fase beta, maka simulasi yang dilakukan oleh fitur Eye Contact ini masih memiliki beberapa kekurangan, terutama dalam menangani gerakan-gerakan kepala yang cepat.

Maka dari itu, NVIDIA juga mengajak para penggunanya untuk bekerja sama mengembangkan fitur ini. Apalagi NVIDIA menyebutkan bahwa ada jutaan variasi warna mata beserta kombinasi pencahayaan yang dilakukan.

Sehingga bila seseorang yang menggunakan fitur ini menemui masalah atau kendala terkait fitur baru ini, mereka dapat mengirimkan video singkat masalah tersebut ke website NVIDIA.

Image Credit: NVIDIA

Selain fitur Eye Contact, NVIDIA juga membawa satu fitur baru lagi yaitu beberapa efek untuk fitur latar belakang virtual atau virtual background milik mereka.

Dalam fitur terbaru ini, NVIDIA menambahkan efek vignette yang bisa langsung ditambahkan ke latar belakang virtual yang sedang digunakan. Efek ini membuat tampilan latar lebih gelap dan bervolume daripada latar belakang virtual biasa.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan efek background blur. Di smartphone, fitur ini akan menyimulasikan efek visual bokeh ke webcam pengguna dibantu dengan AI, sehingga latar belakang apapun yang digunakan akan tampak blur secara natural.

NVIDIA memang secara berkala memberikan update fitur-fitur baru ke dalam aplikasi NVIDIA Broadcast. Dan fitur terbaru di atas dapat langsung digunakan oleh para pemilik GPU Nvidia RTX secara gratis.