Dark
Light

Google: App Store = Solution Marketplace

1 min read
February 3, 2010

googleappsBerita tentang rencana Google untuk mendirikan their own app store, bagi saya merupakan sebuah berita yang mesti dipantau terus, bukan hanya karena trend aplication store sendiri yang mulai bermunculan, tapi membayangkannya Google App Store-nya saja membuat saya penasaran.

Aplication store menjadi trend bisa jadi bermula karena kesuksesan toko aplikasi dengan yang dimiliki Apple, kini mulai dari provider handphone sampai toko aplikasi web based bermunculan.

Seperti yang disebutkan oleh  Wall Street Jurnal, bahwa Google sedang mempersiapkan peluncuran sebuah toko online yang menjual business software yang terintegrasi dengan web service mereka.

Toko ini nantinya akan menjual software business yang didesain oleh developer dari luar Google yang mengintegrasikan layanan mereka ke Google Apps, Google akan mengambil keuntungan dari penjualan ini.

Sedangkan The Next Web melansir sebuah tanggapan dari Google tentang hal ini, dan Google mengindikasikan bahwa mereka sudah mempunyai layanan sejenis yang itu Solution Marketplace yang merupakan sebuah tempat yang menghubungkan konsumen dengan vendor yang mempunyai solusi yang terintegrasi atas Google product yang berhubungan dengan comunnication, collaboration dan enterprise search products, dengan kata lain Google sudah punya tempat atau semacam toko untuk aplikasi mereka.

solutionsmarketplace

Jadi apakah Google App store ini akan benar-benar muncul atau Google akan lebih memilih mengembangkan marketplace yang sudah ada sejak April 2008 ini. Dua kemungkinan ini sebetulnya masih terbuka lebar, karena dari pernyataan yang diberikan Google, seperti yang ditulis The Next Web sendiri tidak mengindikasikan secara jelas, apa sebenarnya yang akan dilakukan Google.

Dari berbagai produk Google, terutama produk mereka untuk sistem cloud, serta  Google Docs, saya sendiri berharap bahwa toko aplikasi Google benar-benar jadi kenyataan, sehingga user dimudahkan dalam berjalan-jalan di etalase toko ini dan berbelanja. Saya setuju dengan apa yang ditulis oleh The Next Web, bahwa marketplace yang sudah ada memang lebih mirip direktori alin-alih toko, dan jika saya memposisikan sebagai user awam yang ingin membeli aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga atau versi bisnis dari Google apps, maka saya dipastikan akan sedikit kesulitan, karena Solution Marketplace dari Google yang sepertinya lebih  diperuntukan untuk para internet savvy bukan user umum.

Dengan berbagai perkembangan teknologi cloud yang di sana Google juga ikut mengambil kendali permainan, maka peluang toko aplikasi ini saya pikir cukup besar. Penggunaan software office saja misalnya, dari yang hanya menggunakan produk keluaran Microsoft kini telah banyak yang menawarakan aplikasi sejenis dengan berbagai kepengkapan yang tidak kalah seperti misalnya Zoho, yang menyediakan fasilitas berbayar dan free, atau Open Office yang menggunakan prinsip open source dan Google Docs sendiri.

Dan tentu akan menarik jika ada sebuah situs khusus yang tidak hanya memajang apa yang ditawarkan Google sendiri, tetapi juga memajang aplikasi yang bekerja berdasarkan produk Google tetapi dikembangkan oleh pihak ketiga atau developoer di luar Google.

Mari kita lihat beberapa hari kedepan, mudah-mudahan saja ada post resmi dari Google tentang Google App Store, sementara menunggu itu, bagaimana dengan anda, jika saja Google benar-benar meluncurkan App Store-nya, bagaimana pendapat anda? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

  1. Selama ini produk Google banyak yg identik dgn alikasi yg free. Image yang saya bayangkan sih kalau selama ini iklan2 Google selalu bermunculan di aplikasi2 yg mereka sediakan, lalu apakah dgn aplikasi berbayar berarti free ad?
    Dan, apakah ini mungkin arahnya lebih untuk 'mempersenjatai' jajaran perangkat mobile mereka yg berbasis android itu? cmiiw.

  2. pendapat yang menarik, saya sendiri coba mengecek apakah google apps bersih dari iklan, tapi belum menemukan keterangan resmi tentang hal ini…yang pasti untuk perusahaan modern yang membutuhkan storage cloud dan mengurangi biaya hardware bisa mencoba google apps, asal jaringan internetnya bagus 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Layanan Berbayar YouTube Hasilkan $10,709.16

Next Story

PHP Di Awan

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan