13 December 2022

by Yubian Asfar

Google, AGI dan Unity Umumkan Program Game Developer Training di Indonesia

Google Play dan Unity menargetkan program sertifikasi game developer bagi para profesional dan juga mahasiswa

Baru-baru ini Google mengumumkan program terbarunya, yaitu Google Game Developer Training di Indonesia. Program ini dibentuk melalui kerja sama tiga pihak yaitu Google, Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Unity untuk mendukung pengembangan talenta digital di bidang gaming.

Dalam pengumumannya, Google siap mendanai program uji coba bernama Google Play x Unity Game Developer Training, yang akan dibuka untuk 500 mahasiswa di lebih dari 15 universitas dan 50 developer profesional di Indonesia.

“Hari ini dengan gembira kami mengumumkan peluncuran program pelatihan bersama dengan Unity. Unity adalah sebuah platform untuk membuat dan mengembangkan konten digital 3D secara real-time,” ucap Director Government Affairs and Public Policy, Putri Alam dalam acara Google for Indonesia.

Sumber: Google

Unity sendiri merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan platform atau struktur utama dalam pembentukan beberapa judul game besar, seperti Free Fire atau Mobile Legends: Bang Bang.

Sumber: Unity

"Unity digunakan secara global baik oleh developer besar maupun kecil, mulai dari studio game indie hingga studio game besar," ujar Kunal Soni, Director of Google Play Partnerships: SEA & Australia.

"Meningkatkan keterampilan mahasiswa dan developer lokal melalui berbagai kursus dan pelatihan yang tersedia di Unity akan membekali mereka dengan ilmu membuat game kelas dunia," tutup Soni.

Google menambahkan bahwa pelatihan ini juga diberikan secara gratis melalui kursus mandiri secara online. Nantinya, para developer juga bisa memilih sesi pelatihan online yang dipandu instruktur terkemuka.

Program pelatihan tersebut nantinya akan terbagi menjadi tiga jenis peminatan, seperti game developer (mengembangkan sebuah game), artist (visual dalam game), dan programmer (belajar membuat kode game).

Sumber: Google

Meski begitu, dari tiga peminatan tersebut para peserta hanya boleh memilih salah satu saja. Satu modul pelatihan akan memakan waktu kurang lebih selama 30 jam secara intensif dan agar para peserta bisa mendapatkan sertifikasi.

Melalui pelatihan ini, ekosistem developer game lokal diharapkan bisa terus berkembang dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Kerja sama Google, AGI dan Unity ini juga mendukung program Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf), Sandiaga Uno, yang mengatakan bahwa ekonomi kreatif memainkan peran yang sangat penting di era pasca pandemi.

Sumber: Google

Pemerintah dilaporkan optimistis untuk mencapai target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja, khususnya di bidang kreatif hingga tahun 2024 mendatang. Salah satu aspek yang disoroti dari industri kreatif ini adalah developer game-game lokal. Beberapa studio di Indonesia sendiri sudah kian berkembang, salah satunya adalah Agate Studio.