15 August 2022

by Daniel Hamiaz

Ringkasan Genshin Impact 3.0: Dendro dan Sumeru sudah di Depan Mata

Setelah hampir 2 tahun Genshin Impact berjalan, Dendro akan menyelesaikan sistem 7 elemen, sebagai elemen terakhir.

Masa penantian Dendro dan Sumeru akhirnya usai. Melalui livestream Genshin Impact versi 3.0, pemain akan segera menikmati elemen tanaman tersebut, beserta dengan region barunya, Sumeru.

Sumeru merupakan negara keempat yang akan pemain kunjungi setelah Inazuma. Diceritakan bahwa Sumeru dibagi menjadi 2 wilayah besar, yaitu padang pasir dan hutan hujan. Daerah ini terinspirasi dari campuran topografi dan budaya Asia Selatan dan Timur Tengah. Nama Sumeru sendiri merupakan salah satu sebutan untuk gunung Meru, sebuah pegunungan yang sakral di Hindu, Buddha, dan Jain.

Versi 3.0 akan dimulai pada tanggal 24 Agustus 2020 setelah versi 2.8 berakhir. Berikut ini ringkasannya:

&list=WL&index=15

Karakter & Senjata

Karakter-karakter yang akan mengisi banner Genshin Impact di versi 3.0 cukupl banyak. Selain tiga karakter baru asal Sumeru, yaitu Tighnari, Collei, dan Dori, akan ada juga 3 karakter rerun, yaitu Zhongli, Ganyu dan Kokomi. Banner akan dibagi menjadi 2 fase, yaitu:

Akan ada 2 senjata baru bertipe bow yang akan ditambahkan ke dalam Genshin Impact. Kedua senjata tersebut adalah Hunter's Path dengan rarity B5 dan End of the Line dengan rarity B4. Karena senjata B4 tersebut memiliki desain ikan, mungkin saja senjata ini bisa didapatkan secara gratis melalui mode memancing  seperti The Catch.

Nantinya, Tighnari akan dimasukkan ke dalam banner Standard pada versi 3.1. Itu juga berarti, pemain bisa saja mendapatkan Tighnari jika kalah 50/50 pada bannerlimited, di versi 3.1.

Quest Baru

Perjalanan Traveler akan dilanjutkan ke daerah Sumeru. Dalam Archon Quest selanjutnya, Traveler akan bertemu dengan banyak sekali karakter baru, dengan latar belakang yang berbeda. Setidaknya, sudah ada 8 karakter yang dikonfirmasi akan dirilis di versi mendatang.

Tighnari akan mendapatkan Story Quest juga seperti karakter B5 lainnya. Ia sebenarnya merupakan seorang pengajar di Akademiya, namun ia lebih memilih untuk tinggal di hutan. Tighnari memang mendalami ilmu botani, sehingga ia bisa dengan leluasa meneliti tumbuhan di hutan hujan Sumeru.

Musuh Baru

Ada 2 jenis musuh boss baru yang bisa ditemui di Sumeru nantinya. Kedua musuh boss ini akan digunakan untuk mencari material Ascension dari karakter-karakter yang akan datang.

Event

Ada beberapa Event menarik yang akan mengisi versi 3.0, di antaranya adalah:

Graven Innocence

Event ini akan menyuruh pemain menyelesaikan berbagai hal yang berbeda. Jika pemain berhasil menyelesaikan permintaan dan tantangan yang diberikan, maka pemain akan berkesempatan mendapatkan 1 Collei secara gratis, beserta resource lain sebagai hadiah.

Tablet Analytics

Hajanad, seorang alkimia dari Sumeru, meminta bantuan kepada Traveler untuk mencoba ramuannya. Pemain akan melawan berbagai musuh, dengan variasi buff yang bisa dipilih.

Lost Riches

Event Lost Riches kembali lagi hadir di Genshin Impact. Event ini akan menyuruh pemain untuk mencari harta karun dari petunjuk yang diberikan. Hadiah utama dari event ini adalah sebuah pet Seelie, yang akan menemani pemain bertualang. Ada 5 pilihan warna Seelie yang bisa dipilih pemain.

Fayz Trials

Event baru ini merupakan event yang cukup unik, dengan mengkombinasikan pertarungan dengan gadget kamera. Di tengah-tengah pertarungan, pemain bisa menghentikan pertarungan dan musuh yang dihadapi, lalu memotret setiap titik kelemahan dari musuh.

Leyline Overflow

Sebagai penutup, Leyline Overflow akan kembali lagi di akhir versi 3.0. Manfaatkan event ini untuk mendapatkan lebih banyak Mora atau Hero's Wit.

Artifact Baru

Nantinya akan ada 2 Artifact baru yang bisa pemain dapatkan, yaitu Deepwood Memories, yang ditujukan untuk mengurangi Dendro RES musuh, dan Gilded Dreams yang ditujukan untuk memberikan bonus stat ATK atau EM, berdasarkan jumlah dan jenis elemen yang ada di tim.

Senjata Crafting Baru

Seperti saat memasuki Inazuma dulu, Sumeru juga memiliki 5 senjata Crafting baru. Namun untuk mendapatkan kelima senjata ini, belum dapat dipastikan apakah masih menggunakan jenis Billet yang sama atau tidak.

Fitur Baru

Selain banyak karakter, senjata, dan event baru, ada juga penambahan fitur dan gadget baru yang akan memudahkan pemain saat bermain, seperti:

Artifact Strongbox

Pilihan Artifact pada Artifact Strongbox akan ditambah. Semua Artifact yang dirilis hingga versi 1.2, bisa pemain dapatkan melalui fitur ini. Contoh Artifact bagus yang akan dimasukkan ke Strongbox adalah Viridescent Venerer, Crimson Witch of Flames, dan Blizzard Strayer.

Boon of the Elder Tree

Dengan Gadget ini, pemain bisa mendapatkan kayu dengan cara lain, tanpa repot memukulnya. Cukup meletakkan Gadget ini di dekat pohon yang diinginkan, pemain langsung mendapatkan kayu tersebut.

Ultra-Hot Burner Lamp Test Model

Dengan mengkonsumsi Ore atau batuan, pemain bisa mempercepat proses pembuatan Processing Food. Processing Food yang dimaksud adalah jenis item yang diolah dari bahan yang bisa didapatkan di Open World, yang akan digunakan lagi untuk membuat Food. Contohnya adalah Flour, Sausage, Cheese, dlsb.

Fishing Line Stabilizer

Gadget ini akan memudahkan pemain saat memancing. Berdasarkan jumlah ikan yang telah didapatkan sebelumnya, pemain bisa mendapatkan buff, selama berada pada Tension Meter.

Pengumuman lainnya

Dan informasi terakhir yang menutup versi 3.0 adalah durasi versi Genshin Impact mendatang yang akan diperpendek. Untuk versi 3.0 hingga 3.2, masing-masing versi akan berlangsung selama 5 minggu saja. Walaupun demikian, HoYoverse menjamin bahwa semua event akan tetap berjalan seperti versi biasanya.

Hal ini mungkin disebabkan karena penundaan versi 2.7 selama 3 minggu pada beberapa bulan yang lalu. Dengan memotong 3 versi yang akan datang, maka pada versi 3.3, Genshin Impact akan kembali ke jadwal semula.

Hal ini cukup penting, mengingat banyak event yang bertepatan dengan peristiwa di dunia nyata, seperti perayaan Lunar New Year dan event Dragonspine yang lekat dengan musim salju di bulan Desember.