Dark
Light

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

1 min read
July 15, 2024

Perusahaan pengembang prosesor ternama AMD mengumumkan akuisisi terhadap Silo AI, sebuah perusahaan laboratorium kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) swasta terbesar di Eropa.

Perjanjian akuisisi ini bernilai transaksi tunai sekitar $665 juta, menjadi tanda langkah awal untuk memulai strategi AMD sebagai perusahaan induk untuk menghadirkan solusi AI menyeluruh berdasarkan standar dan kemitraan yang kuat dengan ekosistem AI global.

Silo AI adalah perusahaan laboratorium AI yang terdiri dari ilmuwan dan insinyur AI kelas dunia yang berpengalaman dalam mengembangkan model, platform, dan solusi AI. Pengembangan yang mereka lakukan umumnya akan menyesuaikan untuk kebutuhan perusahaan-perusahaan terkemuka, termasuk yang mencakup pasar komputasi cloud.

Karena perusahaan yang berbasis di Helsinki, Finlandia tersebut sudah termahsyur dengan spesialisasinya dalam solusi berbasis AI menyeluruh, AMD percaya bahwa Silo AI dapat membantu pelanggan mengintegrasikan AI dengan cepat dan mudah ke dalam produk, layanan, dan operasi mereka.

Portofolio spesialis AI yang beroperasi di Eropa dan Amerika Utara ini tampak mentereng dan mencakup pasar yang beragam, termasuk di antaranya Allianz, Philips, Rolls-Royce, dan Unilever.

Silo AI juga dikenal karena menciptakan large language model (LLM) open-source yang canggih, seperti Poro dan Viking—yang dilatih bersama kolaborator dari perguruan tinggi ternama—pada platform AMD selain platform model SiloGen. Perusahaan yang berdiri sejak 2017 ini adalah pionir dalam meningkatkan pelatihan LLM pada LUMI, superkomputer tercepat di Eropa yang didukung oleh lebih dari 12.000 GPU AMD Instinct MI250X.

Dengan akuisisi yang rencananya akan dirampungkan pada semester kedua 2024 ini, Peter Sarlin, CEO dan Co-Founder Silo AI, direncanakan akan melanjutkan kepemimpinan dengan menjadi bagian dari AMD Artificial Intelligence Group, dan bertanggungjawab langsung kepada Vamsi Boppana, Senior Vice President Artificial Intelligence AMD.

“Tim Silo AI, yang terdiri dari para pakar AI terpercaya dan pengalaman yang telah terbukti dalam mengembangkan model dan solusi AI yang terdepan, akan semakin mempercepat strategi AI kami dan memajukan pengembangan dan penerapan solusi AI secara cepat untuk pelanggan global kami,” ujar Vamsi menyinggung soal bagaimana pucuk kepemimpinan AMD akhirnya menjadikan Silo AI sebagai bagian dari perusahaannya.

Akuisisi Silo AI ini menandai serangkaian akuisisi dan investasi perusahaan terbaru untuk mendukung strategi AMD AI. Perusahaan berbasis di California, Amerika Serikat ini telah menginvestasikan lebih dari $125 juta di puluhan perusahaan AI dalam 12 bulan terakhir dan juga mengakuisisi Mipsology dan Nod.ai untuk memperluas ekosistem AI AMD, mendukung mitra, dan memajukan platform komputasi AMD yang terdepan.

Adam Yanuar

Gemar teknologi, menulis telah menjadi bagian sehari-hari. Biasa menyusun strategi komunikasi kini Adam kembali menulis informasi terkait teknologi.

Previous Story

WhatsApp Kembangkan Fitur AI untuk Membuat Avatar

Next Story

HP Perkenalkan Jajaran Laptop AI Profesional ke Pasar Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Updated: AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Update: Ada perubahan data dari hasil survei sesuai rilis yang

WhatsApp Kembangkan Fitur AI untuk Membuat Avatar

Rencana Meta dalam mengintegrasikan AI generatif ke dalam berbagai produknya