NVIDIA Tengah Persiapkan GPU Entry Low-End Baru GeForce GTX 1630

Gamer akhirnya memiliki pilihan murah baru untuk GPU gaming.

Pasar GPU entry-level mugkin bukan menjadi pasar yang paling ramai ataupun yang paling menguntungkan bagi para produsen. Namun absen di pasar ini juga berarti melewatkan banyak gamer dan PC builder yang mencari GPU ekonomis.

Didominasi oleh GPU integrated yang dimiliki oleh Intel dan AMD, kini NVIDIA kelihatannya akan bersiap melakukan 'comeback' ke pasar entry-level melalui GPU baru. Melanjutkan kesuksesan seri GTX 16XX dan menjadi penerus dari GT 1030, NVIDIA disebut tengah mempersiapkan GTX 1630.

Informasi ini dibagikan oleh Videocardz dengan menyebutkan bahwa GTX 1630 ini akan diposisikan sebagai rival langsung dari AMD Navi 24. Berita baiknya, meskipun entry-level GPU ini disebut akan memiliki performa yang mendekati GTX 1650.

Meskipun masih belum dikonfirmasi resmi oleh NVIDIA, namun GTX 1630 ini disebut masih akan menggunakan arsitektur Turing TU117 yang digunakan pada seri GTX1650.

Kartu grafis ini dikabarkan akan memiliki kapasitas 4GB dengan bus interface 128-bit. Sayangnya tidak ada konfirmasi apakah GPU ini masih akan menggunakan GDDR5 atau sudah ikut beralih ke GDDR6.

Image credit: NVIDIA

Sebagai GPU entry-level, GTX 1630 juga disebut akan hemat daya dengan TDP sebesar 75 watt saja. Dan tentunya GPU ini tidak akan memiliki dukungan untuk fitur-fitur terkini seperti ray-tracing ataupun DLSS (Deep Learning Super Sampling).

Belum ada kabar harga untuk GTX 1630 ini, namun diprediksi harganya akan berada pada kisaran $150 atau sekitar Rp2,2 juta, mengingat GTX 1650 memiliki harga MSRP $190 atau Rp 2,8 juta. Namun rentang harga tersebut tentunya akan lebih terjangkau bila harga pasarannya bisa bertahan di bawah Rp3 juta.

Secara lineup, GTX 1630 nantinya akan diposisikan sebagai pengganti GTX 1050 Ti yang kini sudah berumur 6 tahun. Sehingga target pasar yang disasar adalah para gamer esports dan juga para pemilik warnet gaming.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)

Hingga berita ini diangkat, masih belum ada kabar resmi kapan tanggal perilisan pasti dari GPU ini. Namun ada kemungkinan NVIDIA tidak akan membuat peluncuran megah untuk seri ini dan langsung mendistribusikannya ke para klien utama mereka untuk menghindari para scalper.

Event Computex 2022 di Taipei yang akan diadakan pada 24 Mei mendatang menjadi kemungkinan paling besar bagi NVIDIA untuk memperkenalkan GPU ini. Karena GTX 1630 harusnya menjadi penutup lineup sebelum generasi RTX 4000 tiba akhir tahun ini.