7 July 2022

by Galih

Gboard Tetap jadi Keyboard Favorit Bagi Pengguna Smartphone Android

Banyak pengguna yang ternyata sudah nyaman dengan keyboard bawaan tersebut.

Keberadaan keyboard pada smartphone tentunya menjadi hal yang krusial tapi jarang dipermasalahkan oleh para penggunanya. Namun bagi mereka yang merasa bahwa keyboard di smartphone-nya kurang sesuai, selalu ada opsi untuk menggunakan keyboard app lainnya.

Saat ini, ada banyak pilihan keyboard app di luar keyboard bawaan Android (Gboard). Sebut saja SwiftKey, GO Keyboard, Fleksy, Grammarly, dll. Setiap aplikasi keyboard ini membawa beragam fitur unggulannya yang mungkin tidak dimiliki oleh keyboard standar Gboard.

Meskipun dengan hadirnya banyak pilihan keyboard, ternyata mayoritas pengguna smartphone Android tetap menggunakan Gboard. Setidaknya itulah hasil dari survei yang dilakukan oleh Android Central terhadap para pengikutnya.

Survei tersebut diikuti oleh 15.146 orang dengan Google Gboard berhasil mendominasi dengan 59,49%. Yang berarti keyboard dasar Android tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan fungsi dan beragam fitur yang dibutuhkan lebih dari separuh dari respondennya.

Beberapa orang juga mengutarakan beberapa alasan mengapa mereka lebih memilih Gboard. Mulai dari terintegrasinya aplikasi Google lainnya seperti Google Translate, speech-to-text yang akurat, hingga fitur-fitur kecil seperti hadirnya tampilan numpad untuk mempermudah input angka.

Di bawah Gboard, sebanyak 28,45% responden lebih memilih keyboard SwiftKey sebagai alat ketiknya. Keyboard buatan Microsoft ini disukai oleh para penggunanya karena bebeberapa hal menyenangkan yang dimiliki SwiftKey daripada Gboard.

Salah satunya adalah tersedianya beragam tema yang bisa dipilih oleh penggunanya ketimbang milik Gboard yang terasa lebih kaku dan terbatas. Selain itu SwiftKey juga memiliki fitur untuk membuat foto menjadi stiker dengan mudah.

Namun salah satu fitur yang menjadi keunggulan utama adalah prediksi kata. Microsoft keliahatannya membenamkan AI yang cukup cepat untuk mengolah kata-kata yang sering diketik oleh para penggunanya dan merekomendasikannya melalui pola kata.

Image Credit: Android Central

Keyboard lainnya yang dipilih para pengguna Android adalah "Apapun yang ada di smartphone-ku" yang mayoritas merepresentasikan para pengguna Samsung Keyboard. Hal ini lebih memperlihatkan bagaimana smartphone Samsung masih menjadi salah satu yang paling dicintai oleh pengguna Android.

Diluar 3 besar tersebut, keyboard lain yang masuk adalah Fleksy yang merupakan keyboard app yang mengklaim sebagai "all-in-one emojikeyboard". Keyboard ini menjadi salah satu pelopor keyboard dengan akses ke jutaan GIF, emoji, animasi, dan clip art. Yang kini sudah mulai dikerja oleh keyboard lainnya.

Sedangkan terakhir ada Grammarly, yang mengesampingkan semua fitur tambahan dan berfokus pada keyboard untuk mengetik. Pemilih keyboard ini menyukai Grammarly karena tampilannya yang bersih dan sederhana. Dengan tambahan fitur koreksi kata yang cukup kompeten.

Bagaimana dengan Anda sendiri, keyboard app apa yang digunakan pada smartphone Anda?