Gaming News

Garena Kolaborasi Dengan Netflix Untuk Hadirkan Konten Money Heist di Free Fire

30 Jul 2020 | Akbar Priono
Dalam kolaborasi ini, Garena akan menghadirkan mode Money Heist di dalam Free Fire, serta kostum khas berupa jumpsuit merah dan toping khas Money Heist.

Kolaborasi game dengan film untuk kepentingan konten, sepertinya kini sudah menjadi hal yang lumrah, apalagi pada genre Battle Royale. Fortnite mungkin bisa dibilang sebagai pelopor hal ini, yang beberapa waktu lalu sempat melakukan kolaborasi dengan Marvel Cinematic Universe untuk menghadirkan Thanos ke dalam game.

Seakan tak mau kalah, Free Fire juga melakukan strategi kolaborasi tersebut, dan melakukan kerja sama dengan Netflix. Dalam kerja sama ini, Free Fire akan menghadirkan konten bertemakan serial Money Heist, salah satunya adalah mode permainan yang diberi nama sama dengan salah satu serial Netflix terpopuler tersebut.

Tidak seperti biasanya, mode menyajikan pertarungan 4v4. Dalam mode ini, para pemain berlomba-lomba untuk mengumpulkan uang kertas sebanyak-banyaknya sebelum waktu habis. Untuk itu, pemain harus mengaktifkan Money Printer yang ditempatkan di lokasi yang sudah ditentukan. Pemain dapat mengaktifkan Money Printer dengan cara menduduki dan mempertahankan daerah sekitarnya. Tim pertama yang berhasil mencapai jumlah uang kertas yang ditargetkan akan menjadi pemenang.

Dalam mode ini, pemain akan ditemani oleh berbagai hal bernuansa Money Heist, mulai dari Money Printer, brankas di Spawn Island, hingga pesawat dan parasut Plan Bermuda. Pemain juga bisa mendapatkan kostum Eksklusif Free Fire x Money Heist yang berisikan jumpsuit berwarna merah dan topeng yang jadi ciri khas serial televisi Money Heist.

Terkait kerja sama ini, Christian Wihananto, Produser Garena Free Fire Indonesia mengatakan. “Kami tidak pernah berhenti untuk terus menyajikan pengalaman bermain terbaik melalui konten menarik yang tak terlupakan. Money Heist adalah salah satu series paling populer persembahan Netflix, yang kami yakini memiliki banyak unsur kemiripan dengan Free Fire, terutama dari segi karakter dan aksi yang disajikan. Lewat kolaborasi ini, kami berharap bisa bisa mempersembahkan event In-Game serta karakter yang lebih menarik lagi bagi seluruh pemain Free Fire.” Ucapnya.

Harold Teo selaku Produser Garena juga menambahkan. “Banyak dari kami di Garena sendiri merupakan penggemar serial Money Heist, begitu juga dengan jutaan pemain kami di seluruh dunia. Kami sangat senang dapat menghadirkan kerja sama ini bagi komunitas Free Fire, dan kami harap seluruh pemain juga sama senangnya.”

Sumber: Dokumentasi Hybrid - Akbar Priono
Christian Wihananto, Produser Garena Free Fire Indonesia. Sumber: Dokumentasi Hybrid – Akbar Priono

Ini bukan kali pertama bagi Free Fire melakukan kolaborasi konten. Sebelumnya salah satu Battle Royale tersukses ini juga sempat berkolaborasi dengan game RPG Ragnarok. “Sebelumnya kami juga pernah melakukan kolaborasi dengan DJ Alok dari Brazil, bahkan juga membuat karakter yang berasal dari insan kreatif lokal, Joe Taslim.” Christian menceritakan.

Lebih lanjut soal kolaborasi dengan insan kreatif lokal, Christian Wihananto mengatakan. “Tentu saja ke depannya, ini tidak menutup kemungkinan dan kesempatan untuk menjalankan kolaborasi dengan insan kreatif lokal lainnya.”

Free Fire sendiri bisa dibilang sebagai salah satu game esports sukses di tingkat internasional. Salah satu yang menikmati dampak kesuksesan ini adalah LOUD Esports, tim Free Fire Brazil yang berhasil menjadi tim esports pertama dengan 1 miliar Views di YouTube. Turnamen dunia Free Fire bahkan jadi salah satu turnamen populer tahun 2019, berdasarkan dari data Esports Charts. Kesuksesan ini bahkan sampai membuat pelaku dunia esports jadi penasaran, dan melakukan analisisnya tersendiri terhadap alasan kesuksesan game ini di negara berkembang.