22 June 2015

by Yoga Wisesa

Ganti Nama Jadi SMACH Zero, Spesifikasi Hardware 'SteamBoy' Diungkap

Steam Machines dan SteamVR boleh dibilang merupakan proyek ambisius ekspansi layanan Steam ke ranah berbeda. Tapi ada satu hal yang tidak boleh dilupakan: di E3 2014, Valve turut mengumumkan SteamBoy - hybrid canggih antara PC dan console handheld. Apa kabarnya ia sekarang? Bukankah dari info terakhir, Valve berniat merilisnya di tahun ini?

Selama beberapa waktu ke belakang, sang developer raksasa itu jarang sekali membahasnya, memberi kesan bahwa kemungkinan SteamBoy telah jatuh ke kategori vaporware. Namun tampakya Valve sama sekali tidak menelantarkan premis unik perangkat tersebut. Di bulan Maret, device diumumkan resmi berubah nama menjadi SMACH Zero. Dan belum lama pengembang melepas daftar spesifikasi via press release.

Sebetulnya penggantian nama bukanlah berita besar. Dahulu diketahui, SteamBoy bukan produk murni buatan Valve Corporation, ditunjukkan oleh developer yang terhimpun di bawah nama tim 'SteamBoy Machine'. Langkah ini sangat mirip dengan pengerjaan Steam Machines dan SteamVR, di mana hardware digarap oleh produsen lain, kemudian Valve bertanggung jawab menyediakan sisi software dan platform-nya.

Info menarik: Pencipta DayZ Meramu Game Khusus HTC Vive dan SteamVR

Jadi seperti apa komposisi hardware dalam SMACH Zero? Ini dia:

  • System-on-chip 'Steppe Eagle' AMD G-Series dengan CPU berbasis Jaguar (mirip PlayStation 4 & Xbox One) dan kartu grafis Radeon Graphics Core Next
  • Memori RAM 4GB
  • Penyimpanan internal 32GB ditambah slot SD card
  • Konektivitas USB on-the-go
  • Layar sentuh beresolusi 720p 5-inci
  • Gamepad 'tactile' dapat dikustomisasi
  • Output video HDMI
  • Sambungan Wi-Fi
  • Bluetooth
  • Konektivitas jaringan mobile 4G pada tipe PRO

Jika memang benar SMACH Zero mengusung konfigurasi komponen tersebut, ia tidak akan kesulitan mengoperasikan platform SteamOS. Kemampuannya memang masih di bawah kelas Steam Machines - layaknya PS Vita dan PlayStation 4 - tetapi dijanjikan sanggup menangani lebih dari 1000 judul game Steam. Beberapa yang telah dikonfirmasi meliputi Half-Life 2, Civilization V, Dota 2, Tropico 5, BioShock: Infinite, Cities: Skylines.

Half-Life 2 atau BioShock: Infinite memang masuk akal, namun bagaimana caranya 'SteamBoy' menyajikan permainan strategi, terlebih lagi Dota 2? Tidak mustahil, mengingat sistem kendali benar-benar mirip Steam Controller. Device itu memberikan Anda sepasang touch pad, thumb stick, tujuh tombol di depan dan terdapat enam lagi di belakang. 1000 game bisa langsung dinikmati sejak hari pertama SMACH Zero dilepas ke publik.

Lalu kapan ia tersedia? Developer berencana meluncurkan SMACH Zero di tahun 2016. Informasi lebih rinci akan diungkap di ajang Gamescom bulan Agustus 2015 nanti.

Via The Escapist & Develop-Online.net. Header: Expert Reviews.