Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

CPU Cooler Berbadan Bongsor Ini Beratnya Sampai 2KG

10 March 2021Yabes Elia

ProSiphon Elite bahkan hampir dua kali lipat lebih berat dibanding MacBook Air.

CPU cooler besutan IceGiant, ProSiphon Elite, ini mungkin jadi pemegang rekor untuk air cooler terbesar dan terberat yang pernah ada sampai hari ini. Cooler yang dibanderol dengan harga MSRP senilai US$170 ini memiliki bobot sebesar 1440 gram tanpa kipas dan 2000 gram dengan kipas — nyaris 2x lipat lebih berat dari laptop MacBook Air yang berbobot 1,29kg.

Selain berat, cooler ini juga memiliki bodi super bongsor. Tinggi (lebar)nya mencapai 164mm dengan panjang 251mm dan tebal total 104mm. Agar Anda bisa lebih mudah membayangkan, keyboard mechanical 60% seperti Ducky One 2 Mini hanya 51mm lebih panjang dari cooler tadi.

Sebagai perbandingan yang lebih sepadan, Noctua NH-D15, yang digadang-gadang sebagai air CPU cooler terbaik sampai hari ini tingginya hanya 160mm dengan lebar 150mm dan tebal 135mm. Padahal, cooler Noctua tadi sudah terlihat begitu bongsor jika dipasangkan ke motherboard Anda namun ukurannya jadi terlihat imut-imut jika disandingkan dengan ProSiphon Elite.

Credits: IceGiant
Ukuran ProSiphon Elite. Credits: IceGiant

IceGiant pun mengklaim bahwa performanya bisa melebihi batasan fisik dari air cooler. Di sisi lain, karena air cooler, Anda tak perlu khawatir dengan pipa bocor ataupun pompa yang tak bekerja dengan baik yang mungkin ditemukan di produk water cooler.

Namun apakah hasil pengujian performanya sebanding dengan ukurannya yang super masif? Sayangnya, menurut pengujian Hardwareluxx.de (silakan cek sendiri hasil pengujian lengkapnya di sana), ukuran raksasanya masih belum dapat mengalahkan performa Noctua NH-D15. Meski begitu, performa cooler ini sepertinya bisa membuatnya bertengger di papan atas bersama dengan sejumlah air cooler jawara lainnya.

Jadi, untuk siapa cooler ini ditujukan, mengingat harga Noctua NH-D15 juga sebenarnya lebih murah? Selain itu, karena ukurannya yang super besar, kemungkinan cooler ini juga tidak akan muat di banyak casing. Anda juga harus berhati-hati memilih RAM yang digunakan karena bisa menabrak pendingin ini.