8 April 2013

by Iqbal Farabi

Gamestick Tunda Rilis Perangkatnya Hingga Juni

Masih ingat dengan perangkat konsol Gamestick? Perangkat game konsol berbasis sistem operasi Android ini pada bulan Februari lalu sempat membuka pre-order untuk umum. Saat itu, PlayJam, kreator Gamestick, juga mengumumkan bahwa para donatur Gamestick di Kickstarter akan mendapatkan perangkatnya mulai bulan April ini.

Baru-baru ini PlayJam mengumumkan kabar yang kurang baik. Melalui sebuah blog post di halaman Kickstarter proyek Gamestick, PlayJam menyampaikan bahwa edisi Gamestick untuk para donaturnya akan ditunda rilisnya hingga bulan Juni. Menurut PlayJam, hal ini disebabkan oleh perubahan bahan dasar pembuatan perangkat Gamestick. Perubahan ini ditujukan untuk menghasilkan perangkat keras yang lebih berkualitas bagi pengguna.

Meskipun demikian, Gamestick juga memberikan sedikit berita baik. Mulai minggu depan rencananya perangkat Gamestick untuk pengembang game sudah mulai didistribusikan. Ada sekitar 600 unit perangkat Gamestick versi developer yang akan didistribusikan dalam waktu dekat tersebut.

Seperti yang dilasir oleh Parity News, secara keseluruhan berita ini mendapat respon yang kurang baik di kalangan donatur Gamestick. Meski sebagian donatur dapat memaklumi penundaan tersebut, sebagian lainnya memberi kritik yang cukup keras di halaman blog post tadi.

Gamestick sendiri merupakan salah satu proyek yang terbilang sukses di Kickstarter. Dari target donasi 100.000 dolar AS, Gamestick mendapat pendanaan sebesar lebih dari 600 ribu dolar dari sekitar 5.600 donatur. Meskipun angka ini kalah spekatkuler dibandingkan kompetitor Gamestick, Ouya, yang berhasil mendapatkan pendanaan lebih dari 8 juta dolar dari 68 ribu donatur. Tentunya menarik untuk melihat kiprah perangkat-perangkat game konsol berbasis Android ini di pasaran nantinya.

 

Sumber: Parity News.