Dark
Light

Apple Siapkan “Street View” Untuk Peta iOS?

1 min read
April 8, 2013

Sebuah paten yang sedang diajukan oleh Apple ke Badan Paten dan Perdagangan AS menunjukkan bahwa Apple sedang membangun sebuah sistem untuk membantu navigasi visual berdasarkan data lokasi panoramis, sebuah fungsi yang mirip dengan Street View milik Google Maps.

Bila dengan Street View Google Maps kita bisa melompat-lompat menjelajahi jalanan dengan mengklik mouse atau mengetuk layar ke arah yang diinginkan, maka paten yang sedang diajukan Apple ini seakan menyempurnakan penggunaannya dengan menggunakan sensor di dalam iPhone untuk mendeteksi arah yang diinginkan pengguna.

Sejak iOS versi 6, aplikasi Peta atau Maps bawaan iOS tidak lagi menggunakan data dari Google, melainkan data yang disuplai sendiri oleh Apple dengan bekerja sama dengan beberapa partner. Saat ini aplikasi tersebut memang sudah memiliki fitur Flyover yang memberikan tampak atas beberapa kota besar di dunia, tetapi fitur tersebut tidak bisa digunakan untuk navigasi, yang sepertinya menjadi tujuan dari pengajuan paten ini.

Pada saat versi peta tersebut diluncurkan, banyak kritik dan hujatan yang datang ke Apple karena ketidakakuratan data yang diberikan. CEO Apple Tim Cook sendiri akhirnya meminta maaf dengan terbuka atas kekurangan ini dan Vice President iOS Scott Forstall konon mundur karena skandal ini.

Google akhirnya meluncurkan aplikasi Maps sendiri untuk iOS pada Desember tahun lalu. Namun hingga saat ini aplikasi tersebut belum juga tersedia di iTunes Store Indonesia.

Sumber: Apple Insider.

Previous Story

Gamestick Tunda Rilis Perangkatnya Hingga Juni

Next Story

Rumor: WhatsApp Akan Dibeli Google

Latest from Blog

Don't Miss

Apple iPhone 15 Event: Semua yang Perlu Anda Ketahui Ada di Sini

Kehadiran iPhone 15 pada tahun ini memang membawa arus hype
Chatbot AI Apple GPT

Apple Uji Coba Chatbot AI “Apple GPT” Secara Internal

Apple dikabarkan sedang menguji coba sebuah chatbot AI yang secara