14 December 2021

by Galih

Sony Ternyata Pernah Berencana Bawa Game PlayStation ke Mobile

Rencana yang batal tersebut dibuat 4 tahun yang lalu.

Sebelumnya, Sony baru saja mematenkan kontroler khususnya yang akan digunakan untuk memainkan game-game PlayStation di smartphone. Proyek tersebut seakan menjadi pertanda awal bagi game-game PlayStation untuk masuk ke platform mobile.

Namun fakta baru ternyata mengungkapkan bahwa Sony ternyata sudah pernah merencanakan hal serupa 4 tahun yang lalu. Dikutip dari The Verge, Sony disebut pernah berencana untuk meluncurkan layanan cloud gaming PlayStation Now untuk mobile.

Fakta ini terungkap dari dokumen-dokumen yang dipublikasikan dalam kasus Epic vs Apple beberapa waktu lalu. Sony dikatakan akan menambahkan smartphone sebagai platform baru untuk PlayStation Now. Namun sayangnya semua rencana tersebut dibatalkan di akhir 2017 bersamaan dengan dihentikannya dukungan pada smart TV, Blu-ray player, hingga PS Vita.

Image Credit: Sony

Sony mengambil keputusan tersebut karena disebut ingin fokus pada layanan bermain game PS2 dan PS3 lewat streaming untuk platform PlayStation 4 dan Windows PC saja.

Apple juga disebut telah mengetahui rencana Sony tersebut hingga ke detail bahwa Sony sudah mempersiapkan lebih dari 450 judul game PS3 yang nantinya dapat dimainkan di mobile. Sony bahkan dikatakan tengah mempersiapkan game-game PS4 untuk menyusul.

Meskipun kini Sony terbilang cukup tertinggal dalam hal layanan cloud gaming, tetapi Sony disebut akan siap mengejar kembali lewat proyek terbarunya yang kini bernama "Project Spartacus". Proyek yang merupakan respon Sony terhadap kesuksesan Xbox Game Pass milik Microsoft.

Image Credit: Sony

Tidak jauh berbeda dengan Game Pass, layanan baru ini memungkinkan para pemilik PlayStation memainkan game-game modern maupun klasik lewat sistem pembayaran bulanan. Disebutkan juga bahwa layanan ini juga termasuk layanan PlayStation Plus di dalamnya.

Platform mobile memang tidak disebutkan di dalam Project Spartacus tersebut.ย  Namun keberadaan paten kontroler smartphone Sony beberapa waktu lalu serta dibukanya lowongan sebagai Kepala Divisi mobile untuk PlayStation merupakan bukti yang kuat bahwa Sony juga akan serius untuk menggarap pasar mobile.

Sony memang tengah berusaha untuk memperluas pasarnya lewat berbagai cara. Target yang kini telah dieksekusi dengan sukses adalah memasukkan judul-judul eksklusif mereka ke dalam PC. Maka cukup masuk akal bila Sony akan menarget platform mobile sebagai platform baru untuk game-game mereka selanjutnya.