Dark
Light

Game Flappy Bird Resmi ‘Tinggalkan’ Toko Aplikasi

by
1 min read
February 10, 2014

Sesuai janji yang diutarakan lewat Twitter, pengembang game Flappy Bird akhirnya menarik game populer tersebut dari toko aplikasi baik App Store atau Play Store.

Sebelumnya, Nguyễn Hà Đông atau Dong Nguyen mengumumkan lewat Twitter bahwa ia akan menarik game yang dikembangkannya lewat studio .Gears Studio dari toko aplikasi, kini pengguna tidak lagi bisa menemukan game ini di App Store untuk pengguna iOS atau Play Store untuk pengguna Android.

Flappy Bird menanjak menjadi permainan populer dan menjadi aplikasi paling banyak diunduh di App Store. Game ini juga disebutkan menghasilkan $50.000 perhari dari iklan yang tampil dalam permainan. Pengguna banyak yang penasaran dengan permainan sederhana ini dan berlomba untuk mendapatkan nilai tertinggi.

 

Info menarik: Game Flappy Bird Akan Ditarik dari Toko Aplikasi?

 

Dalam permainan ini pengguna ‘hanya’ diharuskan menerbangkan burung mungil dengan men-tap layar dan menghindari pipa untuk mendapatkan nilai tertinggi. Terkadang pemain menjadi ketagihan karena kesal (dalam tanda kutip), seperti mudah tetapi cukup sulit untuk mencapai nilai tinggi.

Meski populer dan menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi, permainan ini tidak lepas dari kritik. Mulai dari gameplay yang tidak istimewa sampai dengan kritikan bahwa permainan ini mencontek gameplay yang sudah ada (Piou Piou) serta artwork yang juga mirip dengan permainan legendaris Super Mario Bros (bahkan bunyi koin ketika pemain mendapatkan nilai pun dinilai mirip).

Nguyen juga sepertinya tidak tinggal diam menanggapi kritikan tersebut, desain dan warna pipa yang ada berubah setelah game mendapatkan update.

Belum ada penjelasan detail mengapa Dong Nguyen menarik game Flappy Bird dari toko aplikasi meski ia mendapatkan banyak uang dari game tersebut. Namun dari akun Twitternya disebutkan bahwa ia ingin hidup tenang, game ini telah membuat hidupnya terganggu. Penarikan ini diakui Nguyen bukan karena isu legal.

Flappy Bird dikembangkan Mei 2013 namun menjadi terkenal dan menaiki tangga top free apps kurang lebih Januari tahun 2014.

 

Info menarik: Game Android Terpilih 2 – 8 Februari 2014

 

Popularitas game ini sepertinya memang tidak lepas dari kontroversi, mulai dari kritikan akan penggunaan bot untuk mendongkrak jumlah unduhan sampai dengan akhirnya game ini ditarik dari toko aplikasi.

Nguyen mengatakan bahwa ia akan terus mengembangkan game, beberapa game yang dikembangkan studio game miliknya juga telah tersedia di App Store bahkan masuk daftar top download untuk aplikasi gratis (Super Ball Juggling dan Shuriken Block).

Tentu saja publik menantikan komentar lebih detail tentang alasan penarikan game Flappy Bird serta apa yang akan dilakukan Nguyen setelah game ini tidak lagi tersedia di toko aplikasi.

Anda yang telah mengunduh game Flappy Bird masih bisa memainkan game ini, tetapi mereka yang belum sudah tidak bisa lagi mengunduhkan lewat toko aplikasi.

Sumber artikel tambahan: TeknoKompas, Wikipedia, MacRumors, Mediapost

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Game Flappy Bird Akan Ditarik dari Toko Aplikasi?

Next Story

Guvera Isn’t Perfect But It’s Pretty Damn Good

Latest from Blog

Don't Miss

Dulu Heboh, Inilah 4 Game Mobile Viral yang Hilang Seperti Ditelan Bumi

Seiring berjalannya waktu, game mobile terus bermunculan dan berkembang. Jika

Berbincang Santai dengan Pencipta Flappy Bird, Dong Nguyen

Masih ingatkah Anda dengan euforia Flappy Bird? Dirilis di 2013,