Gaming News
for SEO
Gaming News

10 Game Baru Penutup Tahun yang Dirilis pada Desember 2021

30 November 2021Adi Nawan

Apa saja game-game yang bisa ditunggu di bulan Desember?

Bulan penutup untuk tahun 2021 ini akhirnya tiba. Setelah satu tahun dipenuhi dengan naik-turunnya industri game, kini saatnya untuk melihat game-game apa saja yang akan dirilis pada bulan Desember ini. Apalagi mengingat bulan November lalu banyak game besar yang gagal memenuhi ekspektasi dari para fans meskipun telah dinanti lama.

Bulan ini, sayangnya para gamer tidak akan kedatangan banyak judul-judul AAA seperti dua bulan sebelumnya. Namun beberapa game tetap layak ditunggu untuk dijadikan game penutup tahun. Berikut sudah saya rangkum daftar game terbaik yang akan dirilis pada bulan Desember 2021 ini.

ANVIL: Vault Breakers

1 Desember 2021 – PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X|S

Game shooter mungkin memang lebih dikenal dengan sudut pandang orang pertama (FPS) dan juga sudut pandang orang ketiga (TPS) dari belakang karakter. Namun ada juga game shooteryang menggunakan tampilan dari atas (top-down). Hal inilah yang ditawarkan oleh developer dan publisher Action Square lewat Anvil.

Anvil merupakan game shooter bertema fiksi ilmiah dengan tampilan top-down dengan gameplayrogue-like. Secara sederhana, game ini seperti Diablo yang digabung dengan kelincahan Warframe. Pemain akan menjadi karakter bernama Breaker yang berpetualang ke berbagai galaksi yang dipenuhi dengan alien dan monster. Dan seiring petualangannya, pemain akan menemukan relik dan artifak yang akan memberi kekuatan untuk mengalahkan musuh.

Century: Age of Ashes

2 Desember 2021 – PC

Game bertema medieval yang menuntut para pemain untuk melawan naga memang bukan hal yang baru. Namun bila pemain harus berperang bersama naga layaknya film How to Train Your Dragon tentu terdengar lebih menarik untuk dicoba. Pemain akan menunggangi berbagai macam naga dan berperang melawan pemain lain (beserta naganya) dalam sebuah pertarungan layaknya Ace Combat.

Akan ada banyak jenis dan kelas naga yang bisa dipilih, ditambah dengan beragam kostumisasi yang bisa diterapkan untuk karakter pemain maupun sang naga. Berita baiknya, game ini akan tiba terlebih dahulu untuk platform PC via Steam secara gratis. Sayangnya, pemain konsol harus menanti hingga 2022 mendatang.

Solar Ash

2 Desember 2021 – PC, PS4, PS5

Game indie ini awalnya akan dirilis pada bulan Juni lalu sebelum publisher Annapurna menundanya hingga bulan Desember ini. Game yang dikembangkan oleh Heart Machine ini mengusung elemen baru untuk game adventure-platformer. Pemain akan menjadi seorang void-runner bernama Rey yang harus menyelamatkan dunianya dengan cara masuk ke dalam black hole.

Dengan grafis yang unik dan gerakan unik Rey yang seakan menggunakan sepatu roda, pemain bisa mengeksplorasi dunia void dengan cepat sekaligus mengalahkan beragam musuh di sepanjang petualangannya. Dan jangan khawatir akan bosan, karena Solar Ash juga akan menghadirkan pertarungan melawan bos dengan ukuran yang masif.

Final Fantasy XIV: Endwalker

7 Desember 2021 – PC, PS4, PS5

Satu lagi game yang harus diundur beberapa minggu hingga berpindah bulan. Namun Endwalker memang bukanlah sebuah game baru melainkan adalah ekspansi dari gameFinal Fantasy XIV. Namun, ekspansi ini merupakan yang terbesar dari game-nya dengan berbagai konten baru termasuk kelas baru yaitu Sage dan reaper.

Ekspansi ini juga akan menjadi bagian terakhir dari cerita panjang yang telah dibawa oleh game-nya sejak 2010. Tetapi, jika Anda penggemar game ini, Anda tak perlu khawatir karena Square Enix telah memastikan bahwa ekspansi ini bukanlah akhir untuk Final Fantasy XIV.

Halo Infinite

8 Desember 2021 – PC, Xbox One, Xbox Series S|X

Game terbesar yang akan dirilis pada bulan Desember mendatang dipegang oleh Halo Infinite. Game ini juga menjadi salah satu game yang paling ditunggu terutama bagi mereka yang telah mengikuti serinya sejak lama. Perilisan pada bulan ini sendiri lebih berfokus pada story campaign, karena sebenarnya versi multiplayer dari game ini atau yang disebut Halo Infinite: Online telah dirilis pada November lalu.

Berbicara soal campaign-nya, Halo Infinite akhirnya kembali membawa pemain berpetualang dengan Master Chief. Dan yang lebih menarik adalah Infinite akan menjadi game pertama dalam serinya yang menggunakan sistem open-worldsehingga pemain nantinya dapat menjelajah lebih leluasa sebagai Master Chief.

Monopoly Madness

9 Desember 2021 – PC, Switch

Siapa yang tidak mengenal Monopoli? Board game klasik ini sudah ada sejak 86 tahun yang lalu. Meskipun sudah sangat terkenal lewat mekanisme turn-based yang telah digunakan puluhan tahun, Ubisoft ternyata berpikir bahwa game Monopoli ini membutuhkan sedikit evolusi gameplay untuk membuatnya lebih seru.

Akhirnya lahirlah Monopoly Madness. Seperti namanya, Ubisoft membuat penyesuaian terhadap gameplay Monopoli yang membuatnya penuh kekacuan. Pemain akan tetap bersaing dengan pemain lain untuk mengumpulkan uang dan menguasai properti sebanyak mungkin. Namun alih-alih bergerak bergantian, pemain akan saling menghancurkan properti pemain lain sambil terus mengumpulkan uang dan properti secara real-time.

Syberia: The World Before!

10 Desember 2021 – PC

Seri Syberia sempat menjadi salah satu seri game PC yang populer pada masanya. Cerita naratif yang kuat, ditambah dengan puzzleyang cukup menantang, membuat para pemain penasaran untuk mengikutinya. Namun seiring turunnya pamor genre point and click, seri Syberia juga ikut meredup. Apalagi dengan seri ketiganya di tahun 2017 lalu yang bisa dibilang gagal.

Untungnya developer dan publisher Microids masih belum menyerah dengan seri ini dengan mengumumkan game terbarunya, Syberia: The World Before!. Kali ini game-nya akan membawa pemain ke era jauh sebelum tiga game sebelumnya dan membawa cerita yang benar-benar baru beserta dengan grafis yang terlihat lebih menakjubkan. Tidak perlu khawatir, karena game ini tetap mempertahankan sistem point and click beserta puzzle yang menjadi ciri khasnya.

Firegirl: Hack ‘n Splash Rescue

14 Desember 2021 – PC, Xbox One, Xbox Series S|X, PS4, PS5, Switch

Eksperimen baru yang selalu dilakukan oleh developer indie memang harus diacungi jempol. Bagaimana tidak, para developerinilah yang paling berani untuk menembus batasan-batasan para developer papan atas yang terkendala masalah keuntungan dan besarnya pasar. Hal inilah yang coba dilakukan Studio Dejima dengan game hack and slash terbarunya yaitu Firegirl: Hack ‘n Splash Rescue.

Secara konsep game ini sudah tampil cukup unik karena pemain akan berperan sebagai pemadam kebakaran yang bertugas untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak, sekaligus mengalahkan para monster api. Nilai plus yang paling mencolok dari game ini tentu adalah grafis hybrid yang menggabungkan gaya piksel dan 3 dimensi yang mendetail dan tampil sedap dipandang.

Among Us (Console)

14 Desember 2021 – Xbox One, Xbox Series X|S, PS4, PS5

https://www.youtube.com/watch?v=st6YX5knE44

Setelah satu tahun telah menguasai pasar PC dan mobile,game multiplayer deduktif Among Us akhirnya akan dapat dimainkan oleh para gamer konsol. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan game-nya ke platform konsol harusnya dapat dipahami, mengingat developer Innersloth hanyalah tim kecil. Apalagi mereka juga tetap memberikan support dan update konten ke dalam game-nya.

Nantinya, Among Us akan mendukung crossplay yang memungkinkan pemain bermain secara bersama baik lewat PC, mobile, maupun konsol. Para pemain di PlayStation juga nantinya akan mendapat skin eksklusif bertema Ratchet and Clank. Selebihnya Among Us tetap hadir menjadi sebuah game yang membuat setiap aktivitas dan interaksi di dalamnya menantang seperti yang telah dikenal.

Five Nights at Freddy’s: Security Breach

16 Desember 2021 – PC, PS4, PS5

Five Nights at Freddy’s dikenang sebagai salah satugame horor veteran yang menawarkan konsep unik kepada para pemain. Mulai dari karakter antagonis yang sebenarnya berupa robot animatronik, hingga ke sistem permainannya yang unik. Di seri kedelapannya ini, developer Steel Wools Games kembali membuat inovasi yang akan memberikan pengalaman horor baru kepada pemain.

Dalam Security Breach pemain akan tetap memerankan seorang petugas keamanan yang harus berjaga di dalam mall yang dipenuhi dengan boneka animatronik pembunuh. Namun perbedaannya, kini pemain dapat bebas mengeksplorasi Mega Pizzaplex sebagai karakter bernama Gregory. Anda kini bisa lebih berinteraksi dengan permainan untuk mengendap-endap dan kabur dari kejaran para robot pembunuh tersebut.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada ...

Others from #HybridTV