9 December 2022

by Glenn Kaonang

Inilah Pemenang Gadget Champions 2022 untuk Kategori Best for Creator

Mulai dari kamera, laptop, sampai smartphone, inilah gadget-gadget terbaik yang siap membantu memudahkan pekerjaan para pencipta konten

Konten yang menarik datang tidak hanya dari ide yang cemerlang. Dibutuhkan pula perangkat penunjang yang tepat untuk membantu merealisasikan imajinasi dan kreativitas pencipta konten, yang pada akhirnya dapat dinikmati oleh audiens yang dituju.

Kabar baiknya, di luar sana ada banyak gadget yang siap membantu, dan kali ini kami telah memilih belasan gadget terbaik untuk menciptakan konten dan karya seni digital berkualitas tinggi, mulai dari kamera digital, gimbal, kanvas digital, laptop, monitor, hingga smartphone dengan kamera terbaik di kelasnya untuk saat ini.

Berikut adalah pemenang Gadget Champions 2022 untuk kategori Best for Creator.

Canon EOS R3

Kamera mirrorless full-frame kelas profesional ini datang membawa bodi magnesium alloy yang amat kokoh. Bodinya pun terintegrasikan langsung dengan vertical grip, membuatnya lebih nyaman dipakai saat mengambil foto berorientasi portrait. Lebih lanjut, bodinya sepenuhnya tahan debu dan cuaca yang ekstrem.

Kombinasi sensor gambar Stacked CMOS 24 megapiksel dan prosesor EOS DIGIC X memungkinkan kamera ini untuk menjepret tanpa henti hingga 30 frame per detik. Tambahkan pula sistem fokus otomatisnya yang sangat gegas sekaligus cerdas, maka Canon EOS R3 layak menjadi pilihan fotografer olahraga atau aksi cepat lainnya.

Fujifilm X-H2S

Kamera mirrorless dengan sensor APS-C tercanggih besutan Fujifilm ini punya spesialisasi di bidang videografi. Selain mampu merekam video hingga resolusi 6,2K 30 fps dan 4K 120 fps, X-H2S juga dapat merekam video dalam format Apple ProRes 4:2:2 10-bit dan codec ProRes 422 HQ ke dalam kartu memori internal.

Semua itu tanpa melupakan kemampuan fotografinya. Selain mengandalkan kinerja autofocus yang lebih cepat dan akurat, X-H2S juga mampu mengenali berbagai subjek seperti manusia, kendaraan, maupun binatang. Kamera ini juga mampu mengambil gambar tanpa henti hingga 40 foto per detik, ideal untuk fotografer olahraga dan satwa liar.

Panasonic Lumix GH6

Seri terbaru kamera mirrorless Micro Four Thirds ini masih membidik videografer profesional yang mendambakan kamera dengan fisik yang relatif ringkas tanpa berkompromi soal kemampuannya. Hal itu tercermin dari beragam fitur videografinya yang jarang ditemui di kamera lain di kelas harganya, seperti Dual I.S. 7,5 stop, perekaman video 4K 60 fps 4:2:2 10-bit tanpa batasan serta dukungan ProRes 422 HQ, V-Log, dan DR Boost.

Panasonic turut menyematkan Active Cooling ke dalam bodi GH6 sehingga kamera tetap dapat nyaman digunakan merekam video berlama-lama. Anda juga bisa memindahkan foto dan video dari kamera ke ponsel menggunakan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Terdapat port USB Type-C 3.2 Gen2 untuk mengisi baterai dan memberi daya pada kamera, sekaligus mentransfer data. Ditunjang jajaran lensanya yang lengkap, Lumix GH6 bisa diandalkan pencipta konten yang inin membuat video secara lebih kreatif.

DJI RS3 Pro

Gimbal ini memiliki build quality yang sangat baik berkat penggunaan material serat karbon. Rancangan lengannya pun lebih panjang sehingga dapat digunakan dengan kamera video profesional yang rata-rata lebih berat, macam Sony FX6, Canon EOS C70, maupun RED Komodo.

Tidak kalah esensial adalah dukungan modul Focus LIDAR Range Finder yang dibawanya, yang memberikan kemampuan fokus otomatis saat menggunakan lensa dengan fokus manual. Dengan segala kelebihannya, gimbal ini ideal buat pencipta konten yang ingin membuat film atau proyek komersial lainnya.

Huion Kamvas RDS 220

Tablet gambar ini hadir dengan layar IPS yang amat responsif ketika digunakan, yang sensasinya bahkan terasa mirip seperti menggambar di atas kertas. Pena digitalnya pun tidak memerlukan baterai, serta mampu mengenali tekanan hingga 8.192 tingkatan.

Yang menarik, Pen Display ini kompatibel dengan sistem operasi Windows, macOS, maupun Android. Beragam aplikasi kreatif juga didukung oleh perangkat ini, macam Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Painter, dan Huion Sketch, membuatnya sangat fleksibel dalam hal membantu pengguna menuangkan kreativitasnya.

Acer Swift 3 OLED SF314

Laptop ini sangat cocok bagi pencipta konten yang memerlukan perangkat berkinerja cepat, tapi memiliki dana cukup terbatas. Acer Swift 3 OLED SF314 dijual mulai dari kisaran 13 juta rupiah untuk varian dengan prosesor Intel Core i5-12500H. Yang membedakannya dari kompetitor di kelas harganya adalah komponen lain yang digunakan. Untuk tahun ini, Acer Swift 3 OLED SF314 menjadi laptop dengan harga paling terjangkau yang telah dilengkapi prosesor Intel Core Gen 12 tipe H, SSD NVMe PCIe 4.0, dan RAM DDR5.

Dari hasil pengujian, terbukti laptop ini mampu menyajikan performa kencang saat menjalankan beragam aplikasi produktivitas, termasuk halnya untuk menyunting video dan foto. Ini membuatnya ideal bagi pencipta konten video, grafis, dan audio dengan dana terbatas.

MSI Creator Z16P - B12U

Sesuai namanya, MSI Creator Z16P ditujukan bagi pengguna yang serius ingin menciptakan konten secara nyaman dan lancar. Hal ini tergambar jelas dari spesifikasi yang diusung, yang memadukan prosesor kasta tertinggi hingga Intel Core i9 Gen 12, RAM DDR5 64 GB, dan kartu grafis NVIDIA RTX 3070 Ti. Anda bahkan juga bisa menambah kapasitas penyimpanannya melalui satu slot SSD M.2 yang tersisa.

Spesifikasi tersebut sangat memadai untuk menangani tugas berat seperti penyuntingan foto dan video yang kompleks, serta pencitraan tiga dimensi. Ditunjang dengan layar sentuh 16 inci yang memiliki akurasi warna tinggi, bekerja dengan beragam aplikasi seperti Adobe Premiere, Photoshop, atau AutoCAD dapat dituntaskan dengan nyaman di laptop ini.

ASUS Zenbook Pro Duo 14 OLED UX8402

Laptop dengan dua layar ini menawarkan cara menggunakan laptop yang tidak seperti biasanya. Dengan layar tambahan yang lebar di bagian bawah, ASUS Zenbook Pro Duo 14 OLED UX8402 langsung memberikan pengalaman yang berbeda saat menciptakan konten. Layar kedua ini dapat difungsikan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menampilkan timeline saat menyunting video, sampai membuka aplikasi lain tanpa menganggu layar utamanya.

ASUS Zenbook Pro Duo keluaran tahun 2022 ini mengandalkan layar OLED yang tajam dan jernih, serta performa kencang dari prosesor Intel Core generasi ke-12. Harganya juga masih yang paling terjangkau untuk ukuran laptop dengan dua layar.

HP ZBook Firefly 14 G9 Mobile Workstation

Mengingat ZBook masuk dalam jajaran lini komputer bisnis HP, ini berarti Anda dapat memesannya dalam spesifikasi yang diinginkan. Lebih menarik lagi, Anda bisa memilih antara kartu grafis diskret NVIDIA RTX atau A5003. Laptop ini juga mendukung konfigurasi dengan kapasitas RAM hingga 64 GB.

Keunggulan lain yang dapat ditemukan di laptop ini terletak pada layarnya yang telah menggunakan HP DreamColor. Berkat teknologi ini, layarnya dapat menampilkan akurasi warna di atas rata-rata, membuatnya cocok untuk pencipta konten yang pekerjaannya berhubungan erat dengan grafis.

Apple Mac Studio

Menyunting video di layar besar dengan resolusi tinggi memerlukan komputer dengan performa kencang, dan ini bisa kita dapatkan dari komputer tercepat Apple yang satu ini. Mac Studio hadir dalma dua pilihan prosesor, yaitu M1 Ultra dengan 10-core CPU dan M1 Max dengan 20-core CPU. Kapasitas RAM-nya pun juga sangat lega, dengan varian M1 Ultra yang mendukung hingga 128 GB.

Dengan bekal 4 port Thunderbolt, Mac Studio mampu menampilkan gambar berkualitas 4K di empat layar yang berbeda sekaligus. Segala keunggulannya ini membuatnya ideal digunakan pencipta konten yang serius ingin menyunting video beresolusi 4K dan lebih tinggi secara cepat dan efisien.

LG DualUP 28MQ780

Monitor yang satu ini unik karena memiliki aspect ratio layar 16:18, atau nyaris kotak 1:1. Tujuannya adalah untuk membantu melancarkan multitasking, dengan fitur Split View yang membagi tampilan di layar menjadi dua bagian (atas dan bawah), sehingga pengguna dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan. Kesannya seperti menggunakan dua layar 21 inci yang ditumpuk.

Aspect ratio ini juga cocok saat menyunting video, memungkinkan penataan elemen UI Premiere yang lebih rapi. LG DualUP juga menghemat tempat di meja, mengingat desainnya dirancang tanpa stand dan mengandalkan mount pada meja.

Vivo X80 Pro

Vivo menggandeng Zeiss untuk memberikan pengalaman imaging yang terbaik di kelas smartphone flagship. Misi yang terkesan sangat ambisius, akan tetapi Vivo X80 Pro berhasil membuktikan bahwa itu bukan sekadar omong kosong.

Prioritas ekstra Vivo di sektor kamera memang tidak perlu diragukan. Perpaduan lensa dari Zeiss Optics dengan chip Vivo V1+ mampu menghasilkan foto yang menawan di segala kondisi. Hasil pengujian kami menunjukk betapa mudahnya menciptakan konten yang apik menggunakan Vivo X80 Pro, baik di siang maupun malam hari. Keunggulan dari sisi kamera ini pun turut diimbangi dengan performa yang kencang dan baterai yang mampu bertahan seharian.

Apple iPhone 14 Pro Max

Keunggulan yang ditawarkan iPhone tercanggih di tahun 2022 ini terletak pada kemampuann merekam foto dan video. Vlogger atau pencipta konten video akan dimanjakan dengan fitur Cinematic Mode yang kini mendukung resolusi 4K (24 fps dan 30 fps). Anda bahkan juga bisa mengubah titik fokusnya selagi dalam proses penyuntingan.

iPhone 14 Pro Max juga telah mendukung format Apple ProRes untuk video, yang merupakan codec populer di kalangan videografer. Untuk fotografi, Photonic Engine anyar yang tertanam dapat membantu menghasilkan foto low-light yang lebih baik. Bagi yang gemar mengutak-atik hasil foto, mereka bisa memanfaatkan format ProRAW yang merekam foto 48 megapiksel untuk dapat disunting dengan lebih leluasa.

Mekanisme pemilihan Gadget Champions 2022:

Sama seperti tahun lalu, Gadget Champions 2022 dipilih dengan mekanisme tertutup. Pertama, tim redaksi Hybrid.co.id, YANGCANGGIH.COM, dan Gizmologi.id menentukan nominasi dari perangkat dan layanan teknologi terbaik yang keluar di tahun 2022. Usai menentukan nominasi, kami kemudian memilih pemenangnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan.

Syarat utama untuk bisa dinominasikan di Gadget Champions adalah gadget tersebut harus dijual secara resmi di Indonesia melalui distributor resmi yang ditunjuk oleh merek tersebut.