9 December 2022

by Dimas Galih W.

Intel Luncurkan Prosesor Core generasi ke 13 di Indonesia, Klaim Paling Kencang saat ini

Intel meluncurkan prosesor terbarunya yang memiliki kode nama Raptor Lake di Indonesia yang diklaim merupakan terkencang saat ini.

Intel kembali meluncurkan prosesor terbarunya di Indonesia yang diklaim paling kencang saat ini. Untuk hal tersebut, Intel mengadakan acara peluncuran pada tanggal 8 Desember 2022 yang bertempat di Bengkel Space SCBD. Prosesor yang diperkenalkan kali ini adalah Core generasi ke 13 dengan kode Raptor Lake.

Alexis Crowell, Vice President, Sales Marketing & Communications Group and Managing Director, Asia Territory, Intel Corporation memang cukup antusias pada saat membawakan presentasinya saat acara berlangsung. Alexis mengatakan bahwa cukup bersemangat untuk meluncurkan prosesor 13thGen Intel Core terbaru yang sudah unlocked di Indonesia. Intel jugabangga pada peningkatan performa yang dihadirkan oleh prosesor 13th Gen Intel Core dan para overclocking enthusiast akan sangat senang dengan kemampuan overclocking-nya.

Intel Core generasi ke 13 diproduksi dengan menggunakan teknologi Intel 7. Hal ini berarti bahwa prosesor baru tersebut masih menggunakan proses pabrikasi 10 nm. Intel juga masih menggunakan hybrid architecture yang menggabungkan 2 jenis prosesor, yaitu Performance-core dan Efficient-core.

Pada prosesor tertingginya, Intel Core i9-13900K, jumlah prosesornya mencapai 24 core (8 P-cores, 16 E-cores) dan 32 thread. Intel mengklaim bahwa peningkatan performa single-threaded mencapai hingga 15% lebih baik dan peningkatan performa multi-threaded hingga 41% lebih baik. Prosesor ini nantinya dipasangkan dengan chipset motherboard Intel 600 atau seri Intel 700 yang baru. Kedua chipset tersebut juga memberikan dukungan memori DDR5 terbaru dan tetap mendukung memori DDR4.

Prosesor Intel Core generasi ke 13 yang diluncurkan kali ini bisa dilihat pada gambar berikut ini

 

Intel juga memperbarui fitur overclocking  dengan satu klik saja melalui Intel Speed Optimizer. Hal ini tentu saja untuk membuat para pengguna bisa melakukan peningkatan kinerja dengan upaya minimal. Intel juga memiliki Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 dalam meningkatkan kecepatan RAM. Dan Intel Dynamic Memory Boost juga bakal lebih memudahkan dalam meningkatkan XMP DDR 4 dan DDR 5 ke tingkat yang lebih baik lagi.

Selain itu, ada beberapa fitur yang ditingkatkan pada prosesor ini. Hal tersebut meliputi

  • Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost – yang  meningkatkan clock pada prosesor berdasarkan daya dan thermal headroom saat diberikan beban kerja tertentu. Tersedia dalam SKU Intel Core i9 yang sudah unlocked.
  • Lebih banyak E-cores di seluruh Intel Core i5, i7, i9 – mendorong kinerja multi-threaded dan pengalaman multi-tasking/mega-tasking yang lebih baik.  
  • Mendukung PCIe Gen 5.0,dengan hingga 16 lane prosesor. 
  • Meningkatkan memory support ke DDR5-5600 dan DDR5-5200, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan DDR4. 
  • L2 cache hingga 2x dan L3 cache yang meningkat.

Semua prosesor yang diluncurkan sudah tersedia di Indonesia. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp. 5.700.000 hingga Rp. 10.000.000 untuk Core i9 13900K. Jadi, siap untuk meng-upgrade komputer Anda?