Esports Ecosystem

PMWL 2020 West Season Zero League Finals: Futbolist Menaklukkan Tim Eropa dan Amerika

11 Aug 2020 | Narendra Soejoedi
Performa tajam yang membuahkan kemenangan bagi tim Futbolist menunjukkan mereka pantas menjadi jawara PUBG Mobile di bumi bagian barat.

Sebagaimana PMWL Season Zero dibagi menjadi divisi West dan East, tim Futbolist muncul sebagai jawara PUBG Mobile dari bumi belahan barat. Sejak bergulir hampir selama 1 bulan, divisi West juga menampilkan aksi dan pertempuran yang tidak kalah menarik dari yang terjadi di belahan dunia yang lain.

Di luar dugaan tim asal Turki berhasil menyabet gelar juara dan memboyong hadiah uang lebih dari 100.000 Dolar Amerika. Semenjak awal bergulirnya liga, setidaknya ada 5 tim yang bersaing secara sengit di papan atas klasemen gelaran turnamen PMWL Season Zero. Di fase opening weekend, terlihat jelas bahwa masing-masing tim masih mencoba mempelajari gerak-gerik, strategi, dan kebiasaan lawan-lawannya sehingga tempo permainan cenderung lambat.

via: Instagram futbolistco
via: Instagram futbolistco

Di pekan pertama tim Cloud9 tampil dengan trengginas dan mengatur tempo pertandingan. Dengan playstyle dan strategi yang diterapkan oleh tim Cloud9, setidaknya mereka mempertahankan kedudukannya di puncak selama 2 pekan lamanya. Selama 2 minggu di fase super weekend terlihat jelas tim Futbolist dan tim Loops terus mengincar posisi pemuncak dengan usaha ayng cukup konsisten.

Berlanjut hingga pekan ketiga, sangat disayangkan tim Cloud9 malah terjegal oleh banyak tim lainnya dan tidak bermain di fase super weekend di pekan ketiga. Di waktu yang sama tim lain mengumpulkan raihan poin mereka dan mengacak kembali urutan tim teratas di fase super weekend. Sekalipun tidak bermain di super weekend ketiga, raihan poin tim cloud9 masih bisa menempatkan mereka di papan tengah klasemen dan berlanjut ke babak league finals.

Fase league finals adalah gelaran penentu dari juara sesungguhnya bagi player PUBG Mobile di dunia belahan barat. Aksi saling kejar poin menjadi sajian bagi penonton yang setia mengikuti tiap pertandingan. Empat posisi teratas tampaknya menjadi medan pertempuran bagi tim-tim yang bermain dengan agresif.

via: Instagram esportspubgmobile
via: Instagram esportspubgmobile

Sedikit insiden yang kurang mengenakkan disayangkan terjadi pada gelaran PUBG Mobile World League Season Zero. Adapun tim Loops dijatuhi sanksi tegas dengan penghapusan poin mereka di matchday 26 Juli 2020. Setelah ditelusuri, tim investigasi menyampaikan pemberian sanksi atas dugaan melakukan teaming. Tim Loops terlihat melepaskan Team Queso dengan sengaja tanpa memberikan tembakan ataupun kesulitan berart. Pemberian hukuman ini menjadi contoh bahwa integritas sebuah turnamen adalah hal yang tidak bisa ditawar.

Akhirnya PMWL Season Zero divisi West sudah mendapatkan tim Futbolist sebagai juaranya. Mengingat level kompetisi yang juga turut meningkat, beberapa tim lain juga pantas dipuji untuk performanya. Dengan raihan 2 kali chicken dinner dan 137 kill point, tim Futbolist tetap aman menduduki posisi klasemen teratas hingga selesainya match di round 24. Sekali lagi selamat untuk time Futbolist yang juga mencatatkan kill point tertinggi dalam gelaran PMWL Season Zero.