Fuji Keluarkan 2 Kamera Instax dan Mirrorless X-S20

Fuji kembali mengeluarkan 3 buah kamera di Indonesia yang ternyata masih memiliki permintaan yang cukup tinggi

Pasar kamera film instan ternyata belum redup di Indonesia. Hal tersebut memang terbukti bahwa kamera ini masih mengisi 70% pendapatan dari FujiFilm. Oleh karena masih tingginya pasar kamera ini, Fuji kembali meluncurkan 2 kamera baru pada model ini dan sekaligus meluncurkan sebuah mirrorless. Kamera tersebut adalah Instax SQ40, Instax Mini Evo Brown, dan Fujifilm X-S20.

Instax SQ40 merupakan kamera instan analaog yang memiliki desain kulit klasik dengan warna hitam. Hasil dari Instax SQ40 menggunakan format foto 1:1 seperti layaknya Instagram. Kamera ini dilengkapi dengan fitur automatic exposure agar optimal untuk segala kondisi, sekaligus secara otomatis menyesuaikan shutter speed dan flash output agar sesuai dengan kondisi pencahayaan, memastikan subjek mendapatkan pencahayaan dengan baik saat berada di luar ruangan yang terang, di dalam ruangan yang redup, dan saat berfoto selfie dan close-up.

Kamera ini juga memiliki mode selfie dengan hanya memutar lensanya saja. Tersedia pula sebuah cermin kecil di samping lensa untuk mengatir posisinya. Pada kamera ini juga memiliki format SUNSET yang memberikan efek grainy dan gradient yang menawan.

Kamera kedua adalah Instax Mini Evo Brown Edition yang merupakan kamera instan hybrid yang menggabungkan teknologi digital, dan mendukung "film format mini" seukuran kartu. Versi berwarna hitamnya sendiri sudah dirilis tahun 2021 yang lalu. Kamera yang satu ini juga mengganti port pengisian daya menjadi USB Type-C yang saat ini sudah umum digunakan.

Kamera ketiga adalah Fujifilm X-S20 yang merupakan kamera terbaru dalam Seri X. Pihak Fuji mengatakan bahwa kamera ini merupakan hasil perbaikan dari segala review yang pernah dilakukan pada generasi sebelumnya, yaitu X-S10. Kamera ini dilengkapi dengan teknologi color reproduction dari Fujifilm.

Kamera ini memiliki berbagai fitur canggih seperti AI-based subject-detectionAF dan kemampuan perekaman video hingga 6,2K/30P. Dengan penggunaan baterai baru berkapasitas tinggi, kamera dapat menangkap sekitar 800 foto/frame dan dapat beroperasi untuk waktu yang lama sehingga ideal untuk dibawa saat bepergian. Kapasitas baterai yang tinggi memungkinkan pengguna untuk merekam hingga 75 menit.

Kamera Instax SQ40 dibanderol dengan harga Rp 2.499.000. Sedangkan kamera Instax Mini Evo Brown dijual dengan harga Rp 2,999,000. Terakhir, Fujifilm X-S20 dengan harga mulai dari Rp 21,499,000. Semua kamera ini sudah bisa dibeli langsung pada toko resmi Fujifilm secara online mau pun offline.