Free Fire vs Free Fire Max: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan di beberapa aspek penting, termasuk grafis tentunya.

Perkembangan game battle royale terus berjalan, dari platform PC kini merambah hingga perangkat mobile. Ada beberapa judul yang ramai dimainkan salah satunya adalah Free Fire besutan Garena.

Game satu ini memang berbeda dengan para pesaingnya, apalagi kalau bukan skill unik dari masing-masing karakter. Alhasil, karakter bisa jadi META tersendiri baik di permainan kompetitif hingga ke ranah esports.

Apalagi Free Fire juga terkenal ramai esports-nya, bahkan turnamen Free Fire World Series 2021 Singapore jadi turnamen esports paling banyak ditonton di tahun 2021 versi Esports Charts.

Sejarah Singkat Free Fire

Sumber: Free Fire

Free Fire sendiri memiliki latar belakang cerita yaitu hadirnya sekelompok orang dari latar belakang yang berbeda dan ditangkap oleh organisasi “FF”. Organisasi misterius yang bernama FF ini melakukan eksperimen dan menghilangkan ingatan serta memodifikasi genetiknya.

Lalu pada akhirnya, para karakter yang ditangkap oleh organisasi FF memiliki kekuatan khusus dan dites dalam satu tempat (map yang digunakan Free Fire).

Dari segi perilisan, Free Fire diluncurkan oleh Garena pada tanggal 11 Agustus 2017. Free Fire merupakan game besutan 111dots Studio di Vietnam dan Garena adalah publisher Free Fire di Indonesia.

Lalu, pada 27 September 2017, alpha test untuk Free Fire dibuka dan dapat dimainkan beberapa pemain saja. Para pemain diminta untuk memberikan  feedback sehingga developer dapat melakukan penyesuaian agar game menjadi lebih baik.

Closed beta sendiri akhirnya dilakukan di 6 negara langsung yaitu di Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Setelah tahap beta, Garena tidak langsung merilis Free Fire. Garena sendiri baru merilis Free Fire tepat pada tanggal 15 Januari 2018.

Free Fire is the most downloaded game in 2019.

Setelah itu, Garena kembali merilis versi terbaru yaitu Free Fire Max. Diluncurkan belum 2 tahun lamanya, tepatnya pada tanggal 28 September 2021 silam.

Pihak developer yang mengembangkan Free Fire Max juga masih 111dots Studio dengan Garena. Ada beberapa alasan mengapa Free Fire Max dibuat meski sudah lebih dulu dirilis versi Free Fire yang biasa.

Alasan Dibuatnya Versi Free Fire Max

Sumber: Free Fire
Max

Garena melihat bahwa ada beberapa segmentasi pasar dan pengguna di game Free Fire. Memang sejak pertama dirilis, Free Fire dibuat sangat ramah dengan gadget para pemain sehingga bisa dimainkan semua kalangan.

Dengan grafis yang tergolong standar, rupanya Garena ingin membuat versi Free Fire yang diperuntukkan bagi pemain dengan gadget flagship atau mumpuni. Selain itu, kehadiran Free Fire Max untuk menjawab persaingan di tingkat grafis dengan para kompetitornya.

Pihak developer menyisipkan kualitas gambar hingga Ultra HD di Free Fire Max sehingga akan hadir pengalaman bermain yang berbeda dengan versi sebelumnya.

Perbedaaan Free Fire Max dan Free Fire

Tentu akan ada beberapa perbedaan yang mencolok selain grafis saja. Free Fire Max disisipkan penambahan fitur hingga opsi ekstra yang rasanya bisa dilahap untuk smartphone berspesifikasi tinggi.

1. Peningkatan Grafis dan Efek Suara

Sumber: Free Fire
Max

Dari semua perbedaan, tentu grafis merupakan aspek paling mencolok. Dari segi tampilan visual memang sangat berbeda jauh, bahkan ada tekstur khusus di beberapa objek di dalam game Free Fire Max.

Garena menyematkan beberapa tekstur agar grafis terlihat lebih nyata, bahkan ada opsi penambahan efek dedaunan yang jatuh dari pohon. Beberapa lokasi seperti Clocktower, Factory, hingga Bermuda mengalami perubahan yang drastis dari segi grafis.

Selain map, tentunya karakter lebih menarik dilihat dan efek senjata lebih nyata. Beberapa karakter seperti Hayato atau skin senjata menjadi lebih menarik dilihat pada versi Free Fire Max.

2. Size dan Sinkronisasi Akun

Sumber: Free Fire
Max

Meski terpisah dari segi aplikasi, namun server Free Fire Max dengan versi Free Fire aslinya tetap sama. Hal ini berkat teknologi Firelink yang disematkan Garena dan 111dots Studio.

Dengan teknologi ini, maka semua proses dan akun dapat dimainkan di kedua game baik Free Fire Max maupun versi Free Fire. Lalu ada juga perubahan size, Free Fire Max rupanya 2 kali lebih besar dibandingkan versi biasa.

Butuh sekitar 1,5GB untuk dapat memainkan Free Fire Max, berbeda jauh dibandingkan versi Free Fire dengan kapasitas 700MB.

3. Draw Distance Lebih Luas

Sumber: Free Fire
Max

Draw distance merupakan istilah untuk jarak maksimal pemain agar bisa melihat objek.

Peningkatan grafis pada versi Free Fire Max membuat pengembang meningkatkan draw distance di permainan dan ditunjang fitur yang lebih baik.

Anda bisa memandang titik pada peta secara lebih nyata dan lebih jauh sehingga bisa mendeteksi keberadaan musuh menjadi lebih mudah. Hal ini tidak saja memanjakan secara visual, namun juga mempengaruhi jalannya pertandingan.

4. Perbedaan Lobby In-Game

Sumber: Free Fire
Max

Berikutnya adalah bagian lobby in-game karena pada versi Free Fire Max kini pemain bisa mengaktifkan efek animasi tiga dimensi yang lebih nyata. Ditambah dengan skin yang digunakan, penampilan lobby in-game menjadi lebih menarik.

Meski terkesan simpel, namun perbedaannya akan sangat terasa bila membandingkan versi Free Fire Max dengan versi yang utama.

Spesifikasi Free Fire Max dan Free Fire

Sumber: Imguol BR

Dengan daya grafis yang lebih baik, tentu Free Fire Max membutuhkan spesifikasi minimum yang lebih tinggi dibandingkan versi Free Fire.

Garena juga menyematkan spesifikasi minimum Free Fire Max agar Anda bisa menyesuaikan dengan smartphone yang digunakan. Berikut juga perbandingan spesifikasinya dengan versi Free Fire yang biasa.

Spesifikasi Minimum

SpesifikasiFree Fire Max Free Fire
Sistem OperasiAndroid 4.4 / iOS 11Android 4 / iOS 9
RAM2GB atau lebih tinggi1GB atau lebih tinggi
CPUDual Core 1.2 GHzDual Core 1.2 GHz
Memori Penyimpanan2,5GB atau lebih tinggi1,5GB atau lebih tinggi

Spesifikasi yang Direkomendasikan

SpesifikasiFree Fire Max Free Fire
Sistem OperasiAndroid 7 / iOS 11+Android 7 / iOS 11+
RAM4GB atau lebih tinggi2GB atau lebih tinggi
CPUOcta Core 2.0 GHzOcta Core 1.8 GHz
Memori Penyimpanan4GB atau lebih tinggi3GB atau lebih tinggi

Jadi Pilih Free Fire Max atau Free Fire?

Setelah membaca semua aspek di atas, mana versi game yang lebih cocok untuk Anda? Jawabannya sangat tergantung dengan kebutuhan masing-masing pemain.

Bila Anda menyukai grafis yang bagus dan memiliki smartphone mumpuni, tentu Free Fire Max sangat direkomendasikan. Namun ada kalanya grafis tidak penting mengingat momentum sengitnya game kerap kali membuat kualitas grafis tidak terlalu diperhatikan.

Pada dasarnya, kedua versi game masih menawarkan keseruan bermain yang sama hanya saja ada perbedaan dari sisi grafis. Tapi bila Anda memang mengincar grafis yang baik, maka versi Free Fire Max wajib Anda coba.

Sayangnya, jika Anda memang bertujuan dan bermimpi menjadi pemain profesional di esports Free Fire, Garena belum ada rencana untuk membuat ajang esports untuk Free Fire Max. Jadi, ada baiknya Anda tetap membiasakan diri dengan versi original Free Fire jika tertarik terjun ke esports-nya.