Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Free Fire Catatkan Rekor 100 Juta Daily Active User di Kuartal Kedua 2020

19 August 2020Narendra Soejoedi

Menghadapi masa pandemi game Free Fire justru dapat berkembang pesat dan mencatatkan 100 juta Daily Active User di pertengahan tahun 2020.

Industri esports belakangan ini masih mencatatkan pertumbuhan yang konsisten selama masa pandemi berlangsung. Ketiadaan event atau kompetisi secara offline masih tidak menghambat laju pertumbuhan sebuah game ataupun industri esports secara umum. Sebaliknya, kehadiran berbagai turnamen yang dilangsungkan secara online justru menyumbangkan angka penonton yang cenderung meningkat.

Mobile game Free Fire yang dibesut oleh Garena tercatat mengalami peningkatan dari sisi pemain yang signifikan bila dibandingkan dengan tahun yang sebelumnya. Di kuartal pertama tahun ini, Garena mencatatkan setidaknya 80 juta pemain aktif dalam sehari. Sambil menutup kuartal kedua di tahun ini, game Free Fire kembali menunjukkan angka yang fantastis dengana menembus 100 juta pemain aktif harian.

via: Garena
via: Garena

Memasuki tahun yang ketiga sejak diluncurkan secara global, perlahan namun pasti game Free Fire tumbuh manjadi game yang sangat diminati di kalangan usia muda. Secara khusus di region Asia Tenggara dan Amerika Selatan, game Free fire sudah berhasil mengumpulkan jumlah pemain yang tidak main-main. Tuntutan spesifikasi smartphone yang minim menjadi salah satu poin penting besarnya jumlah pemain game Free Fire di banyak negara berkembang.

Di kesempatan sebelumnya region Amerika selatan yang berpusat di Rio de Janeiro menghelat event Free Fire World Series 2019 yang menjadi kompetisi game Free Fire di tingkat global. Sedangkan bila tidak ada aral melintang, seharusnya Indonesia menjadi episentrum dari kejuaraan duniagame Free Fire bertajuk Free Fire Champions Cup di awal tahun 2020 kemarin. Semua gelaran event yang direncanakan harus dibatalkan seiring dengan merebaknya virus COVID-19.

Nyatanya antusiasme dari komunitas game Free Fire semakin meningkat. Seperti tercatat pada laman App Annie, game Free Fire tetap mengisi posisi tertinggi dari aplikasi game yang diunduh di region Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Gelaran kompetisi Free Fire Gigantes dan Free Fire Asia All-Stars 2020 dijadikan pengganti yang mengisi kekosongan kejuaraan dunia di tahun 2020 yang gagal dihelat dan tercatat bisa mengumpulkan 120 juta penonton.

Adapun dalam usaha menarik lebih banyak lagi minat pemain, di bulan September nanti game Free Fire akan meluncurkan konten kolaborasi dengan film serial Money Heist besutan Netflix. Nantinya akan dirilis  in game item dan game mode yang diadaptasi dari film tersebut. Hal ini tentunya berpotensi untuk menarik lebih besar lagi dati komunitas gamers untuk setidaknya memainkan game Free Fire secara kasual.

Dengan berbagai capaian sampai tengah tahun ini, akhirnya Garena memutuskan unutk kembali mengaktifkan sirkuit kompetisi Free Fire di Indonesia. Tidak menutup kemungkin dalam waktu dekat master league akan diselenggarakan di beberapa negara lainnya.

Dari beberapa hal di atas dapat disimpulkan bahwa industri esports tetap bisa berjalan dan menjanjikan perkembangan yang baik di tengah masa yang sukar.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV