Dark
Light

Founder Listing Ala Fougr.com

2 mins read
July 30, 2010

Dengan pertumbuhan pengguna internet yang terus tumbuh dan tentu saja pertumbuhan startup, pemilik web juga turut bertambah. Kalau biasanya kita menemukan para founder website atau produk baik jasa maupun bukan yang berbasis web di Facebook, atau Twitter, kini para founder ini bisa saling berkenalan secara lebih mudah dengan Fougr.com.

Fougr.com adalah sebuah layanan founder listing, dimana di situs ini para founder website atau mereka yang memiliki alamat web tertentu bisa membuat profil online serta menambahkan daftar web yang mereka miliki, sehingga memudahkan orang lain untuk melihat karya masing-masing atau bisa juga sebagai sarana untuk saling berkomunikasi antar founder.

Pengguna yang terdaftar bisa membuat profil online baik itu perusahaan, organisasi atau perorangan. Jadi pengguna yang telah membuat akun nanti bisa menambahkan website mereka untuk melakukan semacam klaim atas website tersebut, bahwa mereka adalah pemiliknya. Jadi nanti para founder ini bisa mengetahui aktivitas pemilik web tertentu, mencari info tentang mereka atau melakukan kontak dengan para founder lain, misalnya untuk keperluan undangan acara, penawaran pekerjaan dll.


Fougr.com dikembangkan oleh Erwin, pengembang asal Bandung yang saat artikel ini disusun, sedang berada di Abu Dhabi untuk mengerjakan sebuah proyek freelance. Seperti yang dijelaskan Erwin, “ide awal layanan ini adalah sangat sederhana, saya berpikir kalau setiap orang pasti punya ego atau kebanggaan sendiri kalau dirinya disebut sebagai founder dari suatu product/service atau non-product/service“.

Konsep Fougr.com juga punya cakupan yang sangat luas, namun Erwin mengatakan bahwa untuk sementara Fougr hanya dikhususkan untuk mengakomodasi para website founder, dimana salah satu syaratnya mereka harus memiliki website dan harus domain bukan subdomain.

Di versi alpha ini Anda bisa melihat kotak-kotak yang berisi daftar para founder dengan tampilan screenshoot dari logo web mereka, yang ketika anda scroll, maka akan terbuka, berganti keterangan singkat tentang web atau founder tersebut, berserta link untuk menuju ke situs yang bersangkutan, akun Facebook atau Twitter. Anda juga bisa memilih berbagai kategori yang tersedia dibagian kiri halaman Fougr.com, untuk para founder yang mendaftarkan ke Fougr, bisa menikmati berbagai fitur seperti kurasi serta penawaran kerja.

Untuk sesama founder bisa berkirim pesan, lalu ada juga fitur event invitation dimana pengguna dalam hal ini sesama founder yang mau mengundang founder lain untuk hadir dalam suatu acara tinggal melakukan search di Fougr dan kirim undangannya

Fitur lain yang telah dimiliki Fougr adalah sistem untuk melaporkan pelanggaran yang berguna jika ada orang tertentu yang melakukan klaim atas situs yang bukan miliknya. Pendaftaran Fougr juga sampai saat ini masih manual, Erwin menjelaskan bahwa jadi setiap website yang di add akan masuk ke waiting list dulu dan bisa di cek online untuk status website-nya kemudian ditentukan di setujui atau tidaknya.

Untuk pelaporan atas pelanggaran klaim, Fougr telah menyediakan sistem khusus yang prosesnya sebagai berikut, sistem akan mengirimkan email ke orang bersangkutan dan admin, dalam 3 hari akan dimoderasi antara pelapor dan terlapor jika tidak ada respon, Fougr akan melakukan ban, maksudnya yang di ban itu adalah terlapor, sampai ada klarifikasi ke admin mengenai laporan tersebut.

Untuk proses penambahan website, Fougr juga menyediakan daftar website yang telah ada, jadi misalnya ada dua founder atas suatu website tertentu, maka mereka tinggal melakukan klaim atas website tersebut bahwa mereka juga adalah salah satu founder dari web tersebut.

Fougr yang nama awalnya berasal dari founder group kini masih dalam taraf alpha dan direncanakan dalam beberapa bulan kedepan akan memasuki versi beta dengan berbagai fitur tambahan seperti aplikasi untuk para pengguna BlackBerry serta fitur sosial.

Memang masih banyak kekurangan, itu diakui juga oleh Erwin, karena layanan seperti ini fokus utama adalah pengguna yang mendaftarkan sebagai anggota, yang sampai saat ini masih sedikit dan terutama adalah masalah kurasi. Masih taraf alpha, masih banyak yang bisa dilakukan Fougr. Salah satu saran sederhana saya adalah cantumkan tata cara penggunaan situs, termasuk cara pelaporan serta berbagai fitur lain.

Ketika ditanya tentang pesan untuk startup lokal, Erwin berkata: “Maju terus buat startup Indonesia”. Saya sangat setuju untuk kalimat ini.

Bagaimana pendapat Anda tentang Fougr.com? Ada usulan atau saran untuk Fougr? Anda bisa menuliskan pendapat, saran atau kritikan pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

7 Comments

  1. ya kok bisa mirip ya,
    ada copyrightnya gak tuh.
    *mungkin blm nemu designer ya hahhaha (kacau tuh)

    *stop plagirisme di indonesia

  2. Wah thankx banget ni mas, untung di comment, udah tak confirm sama designer nya dan aku da cek web creattica nya ternyata emang mirip banget. awal nya aku kira ini mirip” media temple, ternyata creattica. Mungkin inshaallah dalam waktu dekat ini tak ubah design nya.Sekali lagi thankx buat info nya.

  3. Thankx mas masukannya. Klo mas jaka seorang designer mungkin bisa bantuin juga dengan ide” non flagiat nya, gmn? contact aja admin-at-fougr-dot-com.Ditunggu ya πŸ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Durasi Maksimal Video di YouTube Kini Menjadi 15 Menit

Next Story

BukaLapak, E-Commerce With Traditional Approach

Latest from Blog

Don't Miss

Playground Web3 platform

Playground Hadirkan Platform untuk Menemukan Proyek dan Game Web3 Terpercaya

Meski kerap menjadi topik pembicaraan dalam setahun terakhir, tren Web3
Indonesia-Miliki-12-Gelar-Unicorn-di-Tahun-2021-Anggota-Baru-Muncul-di-Penghujung-Tahun

Indonesia Miliki 12 Gelar Startup Unicorn di Tahun 2021, Anggota Baru Muncul di Penghujung Tahun

Penghujung tahun 2021 memberikan kejutan kepada para pelaku dan startup