27 February 2023

by Glenn Kaonang

Cerita Fotografer Anton Suseno tentang Pengalamannya Abadikan Konser Raisa dengan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Kemudahan framing, zoom yang detail, serta video yang apik menjadikan Galaxy S23 Ultra sangat ideal untuk konser

24 Februari lalu menandai hadirnya Samsung Galaxy S23 Series 5G untuk konsumen Indonesia secara luas. Sebagai perangkat paling flagship Samsung, tentu ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Galaxy S23 Series 5G. Namun kalau Anda mencari alasan yang lebih spesifik, dan kebetulan Anda punya hobi berkunjung ke konser musik, ponsel ini siap memenuhi ekspektasi Anda.

Fotografer kenamaan Anton Suseno membuktikan kemampuan Galaxy S23 Ultra 5G dalam menangkap momen seru saat konser pada konser tunggal Raisa Live in Concert yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, belum lama ini. Ia menilai ada banyak kelebihan yang hanya bisa didapatkan dari smartphone ini, terutama dalam konteks mengabadikan momen di sebuah konser musik.

"Ketika nonton konser kan kita nggak bisa bawa kamera profesional karena dilarang, lagi pula berat juga. Tapi dengan Galaxy S23 Ultra 5G, saya nggak perlu mengorbankan kualitas hasil foto karena inovasi kameranya sudah epic banget untuk menghasilkan foto dengan detail dan warna yang luar biasa," ucap Anton.

"Lalu kita juga bisa fokus be in the moment, nggak perlu khawatir hasil foto jelek atau angle nggak bagus, karena bisa crop hasil foto ke angle frame yang diinginkan dengan detail yang akan tetap tajam," imbuhnya.

Anton tidak lupa membahas mengenai fakta bahwa mengambil gambar di dalam konser itu bukan sesuatu yang mudah, terutama jika melihat kondisi venue yang cenderung minim sumber pencahayaan. Menurut Anton, isu tersebut bisa diatasi berkat teknologi pixel-binning Tetra2pixel dan fitur Nightography, dan hasil tangkapan Galaxy S23 Ultra 5G pun terbukti tetap terang dan detail walau dalam kondisi low-light.

Tidak kalah penting adalah kemampuan zoom kameranya. Fitur Space Zoom hingga 100x memang sudah ada di seri sebelumnya, akan tetapi kemampuan pemrosesan gambarnya sekarang jadi lebih tajam dan detail berkat peningkatan performa yang diberikan oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy.

"Nggak masalah mau nonton di area festival atau tribun, kita tetap bisa menangkap hasil gambar yang epic. Dari area tribun, hanya dengan zoom hingga 30x saja saya bisa meng-capture kemegahan performance Raisa di panggung seolah-olah saya ada di barisan paling depan. Jika gambar mau terlihat lebih detail lagi, kita bisa menggunakan Detail Enhancer yang mampu menghasilkan detail yang luar biasa meskipun dalam jarak jauh dan kondisi pencahayaan yang tidak maksimal," tutur Anton.

Selain foto, kemampuan video Galaxy S23 Ultra 5G juga sangat relevan untuk mengabadikan konser musik. Anton menjelaskan bahwa perekaman video 8K 30 fps "menghasilkan angle yang lebih lebar, sehingga hasil videonya terasa lebih cinematic." Risiko blur pun juga minim berkat penggandaan OIS yang lebih canggih dari generasi sebelumnya. Bahkan ketika objek yang sedang direkam banyak bergerak, ada fitur auto framing yang siap membantu mengunci fokus.

Kesempatan hands-on langsung di experience zone terdekat

Seperti yang disebutkan di awal, Samsung Galaxy S23 Series 5G saat ini sudah resmi dijual. Namun bagi yang masih ragu, Anda bisa langsung menjajal perangkatnya di experience zone terdekat. Buat yang melewatkan acara consumer launch pertamanya pada 24-26 Februari kemarin di Central Park Mall, Jakarta, Anda tak perlu khawatir, sebab agenda Samsung masih padat sampai bulan April mendatang.

Yang pertama adalah di Mall Pakuwon, Surabaya, pada 1-5 Maret, kemudian disusul oleh Pondok Indah Mall II, Jakarta pada 8-12 Maret, dan Grand Indonesia, Jakarta, pada 15-19 Maret. Terakhir, consumer launch juga akan diadakan di Sun Plaza, Medan pada 29 Maret - 2 April.

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G. Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp2.000.000 untuk pembelian secara trade-in dan purchase with purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), cashback dari mitra bank hingga Rp750.000. Ditambah lagi, ada fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai Rp899.000 dan free casing senilai Rp499.000.

Samsung pun turut menyediakan special gift hasil kolaborasinya dengan VARYAN dan Exacoat berbahan ramah lingkungan dengan persediaan terbatas bagi konsumen yang beruntung.

Konsumen bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB). Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Informasi lebih lanjut tentang Galaxy S23 Series 5G bisa dilihat di www.samsung.com/id.