Esports Ecosystem

Ford Motor Company Bersiap-Siap Menyelami Dunia Esports dan Gaming

16 Aug 2019 | Ayyub Mustofa
Ford menyatakan bahwa mereka akan mengungkap sesuatu yang signifikan di Gamescom 2019.

Esports terus menunjukkan momentum sebagai tempat hangat baru untuk perusahaan-perusahaan otomotif menghadirkan brand mereka. Baru bulan lalu kita mendengar kolaborasi antara Chevrolet dengan Invictus Gaming, kini Ford Motor Company ikut menyatakan minat mereka untuk terjun ke dunia esports dan gaming. Perusahaan global yang bermarkas di Michigan, Amerika Serikat ini mengumumkan di situs resminya, pada tanggal 14 Agustus 2019.

Sebetulnya Ford sama sekali belum mengungkap seperti apa wujud partisipasi di bidang esports yang mereka maksud. Ford hanya menyatakan akan hadir dalam acara pameran Gamescom di Cologne, Jerman, pada tanggal 20 – 24 Agustus 2019. Di booth mereka nanti, Ford memberi kesempatan para pengunjung untuk menikmati sejumlah hiburan gaming, mulai dari tayangan video 4D hingga aksi bernuansa arcade. Kemudian barulah Ford akan mengungkap seperti apa program esports dan gaming yang tengah mereka rencanakan.

Kehadiran Ford di Gamescom sendiri bukanlah yang pertama kalinya. Malah sebetulnya mereka adalah brand yang sudah langganan tampil di Gamescom. Ajang pameran game terbesar Eropa yang digelar setahun sekali itu bahkan menjadi tempat diungkapnya produk baru Ford pada tahun 2018, yaitu Ford Ranger Raptor.

Ford juga pernah menggelar perlombaan balap dengan game Forza Motorsport 7 di Gamescom 2017, di mana pemenangnya berhak mencoba balap sungguhan di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, menggunakan mobil Ford Focus RS.

Meski belum diungkap secara detail, tanda-tanda bahwa Ford akan terjun ke dunia esports sudah muncul sejak beberapa bulan lalu. Dilaporkan oleh GameSpot, Ford sempat memasang lowongan kerja di LinkedIn untuk posisi posisi Global Marketing Partnerships, Gaming and Esports. Salah satu kewajiban posisi ini adalah mencari cara bagaimana Ford dapat memanfaatkan gaming untuk meningkatkan brand loyalty. Ford juga ingin pemegang posisi ini untuk membangun relasi level senior dengan berbagai partner esports ternama, seperti Riot Games, Activision Blizzard, Epic Games, Google Stadia, dan sebagainya.

Ford menyebut esports sebagai “fenomena yang diikuti oleh jutaan orang di seluruh penjuru bumi baik secara online maupun langsung di arena-arena terbesar dunia”. Ditambah dengan langkah Ford yang tidak langsung mengumumkan lewat siaran pers biasa tapi menunggu momen di event besar, tampaknya rencana Ford di bidang gaming dan esports ini akan menjadi sesuatu yang cukup penting. Dalam situs resminya pun mereka menyebut akan mengumumkan sebuah “berita yang signifikan”. Sementara menunggu Gamescom dimulai pada tanggal 20 Agustus, kita hanya bisa menebak-nebak apa rencana Ford nantinya.

Sumber: Ford, GameSpot