23 June 2014

by Aplikanologi

Focus Lock, Kunci Aplikasi-Aplikasi Tertentu Pada Jam-Jam Tertentu

Ketika sedang belajar atau bekerja kita sering terganggu oleh bunyi smartphone, bahkan ketika tidak bunyi aja mengganggo kok. Soalnya meskipun tidak ada notifikasi kita sering buka-buka smartphone trus buka Facebook, Path, Twitter, atau games. Ya emang begitulah, smartphone yang kita cintai dan sayangi tega mengganggu kita.

Agar tidak mengganggu bagaimana caranya? Paling mudah adalah mematikan smartphone, atau bisa juga pakai airplane mode. Tapi itu kurang sip, kamu bisa mengunci aplikasi spesifik yang kira-kira bisa mengganggu pekerjaan kamu. Ada aplikasinya kok, pakai aja Focus Lock, aplikasi ini bisa mengunci beberapa aplikasi tanpa kehilangan fungsi smartphone lainnya.

Secara default aplikasi ini akan mengunci aplikasi lain selama 25 menit, kamu bisa atur sesuai kebutuhan. Cara menggunkannya cukup mudah, tinggal jalankan aplikasinya dan masukkan password default “0000”. Silakan ganti password-nya kalau dirasa penting.

Setelah dikunci aplikasi yang ada tidak akan bisa digunakan, meski sebenarnya bisa langsung kamu juga, karena kamu tahu password-nya. Makanya yang terpenting adalah kemauan kamu buat fokus pada kerjaan, ini cuma jadi semacam pengingat saja jika kamu tidak boleh buka aplikasi tersebut.

Focus Lock bisa juga dipakai buat mencegah orang lain yang mau membuka aplikasi-aplikasi penting ketika smartphone kamu dipinjam atau ada orang iseng yang pinjam tanpa izin karena mau stalking..

Aplikasi ini dapat diunduh lewat tautan ini.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di Aplikanologi dan ditulis oleh Taufik Hasan. Ada beberapa perubahan kata dan kalimat yang dilakukan dari artikel asli tanpa mengubah maksud dan isi tulisan.