Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Fnatic Jalin Kerja Sama Eksklusif dengan Platform Streaming Twitch

4 February 2019Ayyub Mustofa

Program kerja sama ini mencakup streaming eksklusif dari pro player, talk show, serta giveaway

Platform streaming paling populer di dunia, Twitch, dikenal sering menjalin kerja sama dengan para pemain di ekosistem esports. Beberapa organisasi yang sudah mengikat kontrak dengan anak perusahaan Amazon ini antara lain Team Liquid, Cloud9, dan G2 Esports, semuanya adalah organisasi senior yang disegani. Kini, Twitch menjalin satu lagi kerja sama dengan tim senior, yaitu Fnatic.

Ikatan kerja antara Fnatic dan Twitch mencakup kontrak kerja sama eksklusif untuk siaran gaming, juga penciptaan konten talk show. Artinya mulai saat ini para atlet esports di bawah payung Fnatic hanya akan melakukan streaming di Twitch, tidak di platform lain. Kerja sama ini juga merupakan kolaborasi jangka panjang, namun pihan Fnatic tidak menyebutkan berapa nilai nominal kontraknya.

Fnatic memiliki sejumlah tim esports yang mencakup beberapa game, termasuk di antaranya Dota 2, League of Legends, Rainbow Six: Siege, Fortnite, dan lain-lain. Dengan kerja sama ini, Fnatic berharap penggemar dari seluruh game itu bisa mendapatkan hiburan yang lebih kreatif dan inovatif. Selain itu para penggemar juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan para pemain profesional, serta berkesempatan memenangkan produk atau giveaway tertentu.

Fnatic - New Jersey
Jersey baru Fnatic yang diumumkan via Twitch | Sumber: Fnatic

“Tak diragukan lagi, Twitch adalah platform terbaik bagi para fans dan player dari sisi gameplay, dan di sinilah sebagian besar fans kami telah berinteraksi dengan konten-konten tersebut. Yang membuat kerja sama ini spesial adalah bahwa kami percaya Fnatic dan Twitch memiliki visi yang sama untuk menghadirkan esports ke setiap rumah lewat bentuk-bentuk konten baru yang memberikan pengalaman menonton luar biasa,” demikian kata Wouter Sleijffers, CEO Fnatic, dilansir dari Inven Global.

Event pertama hasil kerja sama Fnatic dan Twitch sudah diluncurkan pada awal 2019 lalu, berupa acara streaming Legends in Action Live. Acara tersebut disiarkan langsung secara global, di mana Fnatic mengungkap wujud jersey baru mereka yang melibatkan kerja sama besar dengan produsen smartphone OnePlus. Fnatic juga menyajikan acara tanya jawab dan wawancara eksklusif selama dua jam dalam rangka menyambut season baru League of Legends European Championship (LEC).

“Fnatic adalah tim esports legendaris dengan pengikut kuat di antara komunitas Twitch, menjadikan partnership eksklusif ini sangat cocok untuk layanan kami,” ujar Petya Zheleva, Esports Partnership Manager EMEA di Twitch. “Sebagai tempat utama esports yang fokus pada pengalaman streamer dan spectator, kami berencana bekerja secara dekat dengan Fnatic untuk mengembangkan lebih banyak engagement di sekitar konten menarik mereka.”

Selain Legends in Action Live, para pemain Fnatic juga menayangkan siaran streaming secara rutin terhitung mulai tanggal 1 Februari 2019. Di antara streamer itu adalah dua atlet CS:GO Fnatic, JW (Jesper Wecksell) dan KRIMZ (Freddy Johansson). Para penggemar bisa menyaksikannya tayangannya lewat channel Twitch JW, juga menikmati konten-konten lainnya lewat channel Twitch Fnatic.

Sumber: Inven Global, Jesper Wecksell

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV