Dark
Light

Flickr Tambahkan Fasilitas Untuk Melakukan Pendaftaran Dengan Akun Google

1 min read
November 1, 2010

Flickr mengumumkan sebuah fasilitas yang memudahkan pengguna akun Google menikmati berbagai layanan yang ada di Flickr. Kini, pengguna baru yang tertarik untuk menggunakan layanan Flickr bisa melakukan proses pendaftaran dengan menggunakan akun Google.

Jika sebelumnya Anda harus mempunyai akun Yahoo! untuk mendaftarkan diri dan menggunakan layanan Flickr, kini pengguna akun Google yang belum pernah memiliki akun di Flickr bisa menggunakan akun mereka untuk mendaftarkan diri dan membuat akun Flickr.

Fasilitas ini dimungkinkan karena Yahoo! merupakan salah satu penyedia layanan email yang mendukung layanan OpenID. Dengan OpenID para pengguna yang ingin memiliki akun di Flickr dimudahkan untuk melakukan pendaftaran dengan lebih cepat, menggunakan satu identitas yang bisa digunakan di berbagai website.

Flickr juga menjelaskan bahwa Google merupakan partner pertama mereka dalam layanan pendaftaran menggunakan akun selain akun Yahoo! ini, dan Flickr juga berencana untuk menambahkan partner lain di kemudian hari. Fasilitas ini juga hanya bisa digunakan oleh mereka yang mendaftarkan diri sebagai pengguna baru Flickr, untuk mereka yang telah memiliki akun di Flickr, tetap harus melakukan proses sign in dengan mengunakan Yahoo! ID.

Namun, seperti yang dijelaskan Flickr dalam blog resmi mereka, selain kemudahan untuk pengguna baru yang memiliki akun Google, bagi para pengguna Yahoo! ID, Flickr juga merilis fitur baru yang memudahkan pengguna dalam melakukan sign in yaitu, Anda kini bisa melakukan sign in ke Flickr tanpa harus meninggalkan halaman yang sedang Anda buka. Ini memudahkan untuk memberikan komentar, menambah kontak atau berbagai aktivitas lain yang bisa dilakukan di Flickr.

Jadi misalnya Anda sedang melihat foto teman Anda dan ingin langsung memberikan komentar, maka Anda bisa langsung melakukan proses sign in, tanpa meninggalkan halaman tersebut, dan melakukan proses pemberian komentar dengan lebih cepat.

Ada beberapa keterangan tambahan tentang penggunaan akun Google di Flickr yaitu, jika Anda telah melakukan sign ini dengan Yahoo! ID maka Anda tidak bisa melakukan switch ke akun Google.

Selain itu akan ada beberapa perbedaan jika Anda menggunakan akun Google untuk membuat akun Flickr antara lain, tidak bisa melakukan perpindahan ID untuk login, lalu akun yang menggunakan Google untuk login tidak bisa menikmati fasilitas fitur ‘built in Facebook posting’ seperti yang bisa dinikmati pengguna yang melakukan login dengan Yahoo! ID.

Layanan dari Flickr (yang dimiliki Yahoo!) berupa sign up dengan akun Google ini ‘melengkapi’ langkah yang sebelumnya dilakukan Google untuk memberikan kemudahan pada para pengguna akun Yahoo!. Awal bulan September kemarin, Google juga merilis fasilitas yang memungkinkan para pengguna akun Yahoo! yang ingin membuat akun Google dan menikmati berbagai layanan yang disediakan Google, seperti Google Groups, Docs, Reader AdWords, dll.

Sumber Gambar: AudienciaElectronica.net dan blog Flickr.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Otak Di Balik Google Maps dan Wave Pindah Ke Facebook

Next Story

eVoucher Provides Online Discounts For Electronics

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan