Dark
Light

Flickr Secara Tidak Sengaja Hapus Akun Pengguna Mereka (Updated)

1 min read
February 2, 2011

Update: Flickr telah berhasil mengembalikan akun dan semua foto beserta data di akun Mirco, cek artikel berikut untuk keterangan lengkap.

Flickr secara tidak sengaja menghapus akun pengguna mereka, seperti yang dituliskan oleh The New York Observer, disebutkan bahwa seorang fotografer asal Zurich mengatakan bahwa akun miliknya, yang beriisi 4.000 3.410 foto secara tidak sengaja terhapus oleh Flickr.

Fotografer itu bernama Mirco Wilhelm dan merupakan pelanggan berbayar layanan Flickr (Flickr tersedia secara gratis namun menawarkan akun berbayar Flickr Pro) dan telah menggunakan akun Flickr-nya selama 5 tahun. Foto yang dihasilkannya juga sudah terkoneksi secara luas di web termasuk di blog resmi Flickr sendiri.

Seperti yang dituliskan Observer, semua tautan itu kini berujung pada ‘halaman kosong’, termasuk komentar, tag, caption atas foto tersebut serta informasi hak cipta semuanya hilang, dan ada kemungkinan semua koleksi foto karyanya tidak bisa kembali.

Mirco sebelumnya memang melaporkan pada Flickr bahwa ada kemungkinan penyalahgunaan hak cipta yang dilakukan pengguna lain, pengguna tersebut meng-add Mirco dan foto yang ada didalam akun tersebut hanya berisi materi (foto) curian, dan sepertinya Flickr melakukan kesalahan atas penghapusan akun.

Artikel di Observer tersebut juga mencantumkan ‘surat’ permintaan maaf dari Flickr, yang tidak menyelesaikan masalah, hanya memberitahukan bahwa ada kesalahan penghapusan akun, meminta maaf dan memberitahukan bahwa Flickr sedang berusaha untuk mengembalikan foto serta akun yang terhapus. Upss salah! 🙁

Untuk pengembalian akun serta file, mungkin Flickr bisa melakukan itu, tetapi sebagai konsumen berbayar, human error atas penghapusan akun pasti sangat mengesalkan, dari beberapa komentar di artikel tersebut juga bisa dilihat bahwa masalah lain muncul, apakah ketika akun dan foto bisa dikembalikan, tautan atas foto yang telah tersebar di web bisa kembali normal?

Beberapa keterangan tambahan juga bisa dilihat pada blog Thomas Hawk yang kemudian merujuk pada halaman forum bantuan Flickr yang menjelaskan bahwa Flickr telah berkomunikasi dengan Mirco untuk menyelesaikan permasalahan akun yang terhapus dan akan segera merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna me-restore akun mereka untuk sementara, fitur ini kemungkinan akan selesai dikembangkan awal tahun ini.

Flickr memang dikenal sebagai salah satu penyedia jasa penyimpanan online foto yang sangat populer, mungkin bisa dibilang salah satu yang terbaik, banyak fotografer baik pemula maupun profesional menggunakan layanan Flickr, saya sendiri pengguna Flickr, namun sampai sekarang masih ragu untuk mempublikasikan semua foto saya dengan mendaftarkan ke Flickr Pro.

Di sisi lain, Yahoo! sendiri sebagai pemilik Flickr beberapa waktu lalu sedang menjadi sorotan karena berita tentang pencarian rumah baru Delicious yang dihubungkan juga dengan layanan Yahoo! yang lain, termasuk Flickr. Meski tidak berhubungan langsung, namun keduanya adalah layanan yang berhubungan dengan konsumen secara langsung, dan disinilah pelayanan Yahoo! akan produk-produk mereka diuji.

Saya sendiri bookmark tautan berita ini untuk melihat apakah ada update lanjutan dan mencoba menghubungi Yahoo! untuk mendapatkan tanggapan akan hal ini. Satu yang pasti kejadian ini bisa memberi kita sebuah pelajaran berharga tentang aktivitas penyimpanan data di internet, baik yang berbayar maupun layanan gratis. Intinya adalah back-up file! 😀

Update 2: Koreksi untuk jumlah foto ketika akun Mirco terhapus bukan 4.000 tetapi 3.410 foto.

Sumber tulisan: MircoNY Observer, Thomas Hawk.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. Lah kalau di urbanesia.com saja jika delete sesuatu itu hanya mengubah flag row database dari active menjadi deleted. Hanya ada 1-2 query DELETE di dalamnya. Masa flickr ngga mikirin hal seperti ini sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

37signals Luncurkan Basecamp Mobile Untuk Kerja Kolaborasi Lewat Perangkat Bergerak

Next Story

Flickr Kembalikan Foto Beserta Semua Data Akun Mirco Wilhelm (Updated)

Latest from Blog

Don't Miss

Photopea

Aplikasi Edit Foto dan Desain Grafis Photopea Diperbarui Ke Versi 5.2

Photopea adalah aplikasi edit foto dan desain grafis berbasis web

Instagram Bukan Lagi Aplikasi Berbagi Foto, Tetapi Layanan Hiburan

Hal apa yang Anda ingat saat pertama kali mengenal Instagram?