19 August 2023

by Yubian Asfar

Fitur Terbaru WhatsApp, Bisa Berbagi Layar Saat Lakukan Video Call

Indikasi Meta ingin bersaing melawan Zoom, Microsoft Teams, hingga Google Meet?

WhatsApp sebagai salah satu platform milik Meta Inc. baru saja menghadirkan update terbaru yaitu fitur untuk berbagi layar atau screen-sharing. Memang tidak ada yang menduga update ini mengingat Whatsapp hadir sebagai aplikasi komunikasi atau berbagi pesan layaknya Messenger.

Selain itu, memang fitur ini serupa dengan yang tersedia di Zoom, Microsoft Teams, dan juga Google Meet. Biasanya fitur screen-sharing digunakan saat melakukan online meeting sehingga semua peserta yang hadir bisa melihat dokumen yang disajikan pada waktu bersamaan.

Fitur screen-sharing pada WhatsApp sudah bisa dicoba oleh segelintir pengguna yang melakukan pembaruan aplikasi beta pada versi 2.23.11.19 di Google Play Store.

Melansir update dari Mark Zuckerberg, pengguna WhatsApp memiliki kontrol penuh dalam proses screen-sharing. Saat video call berlangsung, pengguna dapat saling bergantian berbagi konten layar ke semua peserta.

Sumber: Meta

Meskipun demikian, ada beberapa pembatasan pada fitur ini di WhatsApp. Salah satunya fungsi ini tak bisa diaktifkan saat melakukan panggilan video dalam grup besar. Belum diketahui berapa peserta maksimal untuk memanfaatkan fitur screen-sharing. Namun rasanya isu ini kelak bakal bisa diatasi, apalagi fitur ini masih masuk dalam tahap beta.

Cara untuk melakukan screen-sharing saat melakukan video call di WhatsApp juga cukup mudah. Ketika fitur sudah tersedia, Anda sebagai pengguna akan melihat ikon baru untuk berbagi layar dalam panggilan video. Lalu Anda cukup menekan ikon tersebut dan mulai membagikan layar ke teman mengobrol.

Bersamaan dengan screen-sharing, WhatsApp juga membuat beberapa perubahan minor pada desain antarmuka (UI) di aplikasi, salah satunya yaitu mengubah layout tombol navigasi di sisi bawah aplikasi Whatsapp.

Pengguna bisa mengakses opsi 'Chats', 'Calls', 'Communities', dan 'Status' pada bar navigasi yang baru. Saat ini, berbagai pembaruan tersebut baru bisa dirasakan oleh beberapa pengguna WhatsApp yang sudah meng-update aplikasinya ke versi beta yang paling baru.

Sumber: Meta

Fitur ini memang masih memasuki tahap beta, namun dengan perkembangan ambisius Meta tentu saja akan ada hal yang bisa menyaingi pasar online meeting.

Tentu kehadiran fitur ini bisa mengancam beberapa platform seperti Microsoft Teams, Google Meet, hingga Zoom, meski memang masih terlalu dini untuk menyikapi fitur WhatsApp tersebut.