Dark
Light

WhatsApp Hadirkan Fitur Keamanan Baru “Kunci Chat”

by
1 min read
May 17, 2023
WhatsApp Kunci Chat

Sebagai salah satu aplikasi bertukar pesan atau messenger paling populer di Indonesia, WhatsApp terus memberikan fitur baru untuk membuat para penggunanya lebih nyaman sekaligus aman.

Yang terbaru, aplikasi buatan Meta ini baru saja memperkenalkan fitur anyar yang diberi nama “Kunci Chat”. Seperti namanya, fitur ini memberikan perlindungan ekstra untuk chat paling rahasia milik penggunanya.

Dengan mengaktifkan fitur Kunci Chat di aplikasi WhatsApp, utas chat akan dihapus dari kotak masuk dan ditempatkan di dalam folder khusus yang hanya dapat diakses dengan kata sandi atau metode keamanan biometrik perangkat Anda, seperti sidik jari.

Untuk mengaktifkan fitur Kunci Chat ini nantinya juga cukup mudah. Pengguna cukup mengetuk nama lawan bicara atau grup. Nantinya jendela baru akan terbuka dan pengguna tinggal memilih opsi “Kunci”.

https://twitter.com/WhatsApp/status/1658171663647907842

Setelah dikunci, kotak percakapan tersebut akan disembunyikan dari tampilan utama dari WhatsApp. Untuk menampilkan kembali chat yang dikunci, pengguna cukup menarik kotak masuk perlahan ke bawah hingga jendela sandi muncul.

Selanjutnya, pengguna cukup memasukkan kata sandi atau menggunakan metode keamanan biometrik yang ada pada perangkat. Dan nantinya chat yang terkunci akan dapat diakses layaknya normal.

Fitur ini disebut akan sangat bermanfaat bagi para pengguna yang terkadang perlu berbagi ponsel mereka dengan keluarga atau orang lain, sehingga perlindungan tambahan diberikan untuk beberapa chat yang diinginkan.

Ketika fitur ini diaktifkan, obrolan baru yang masuk ke ponsel kita nantinya juga akan disembunyikan dari pratinjau. Hal ini akan mencegah orang lain untuk dapat membaca pesan baru yang diterima pengguna.

Fitur Kunci Chat ini nantinya akan bergulir secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan. Pengguna tidak perlu khawatir bila fitur ini belum mucul dalam aplikasi WhatsApp mereka.

Meta juga berjanji bahwa mereka akan menambahkan beberapa opsi tambahan untuk fitur Kunci Chat, termasuk kemampuan untuk mengunci perangkat pendamping dan membuat kata sandi khusus untuk chat.

Saat fitur tambahan tersebut meluncur, pengguna nantinya memiliki kemampuan untuk menggunakan kata sandi unik. Kata sandi ini dapat dibuat berbeda dari kata sandi yang digunakan untuk mengunci ponsel pengguna.

Seagate Meluncurkan Ultra Touch HDD
Previous Story

Seagate Meluncurkan Ultra Touch HDD, Hard Disk Ramah Lingkungan Berkapasitas 2TB Hingga 5TB

Foto Malam Vivo V27
Next Story

Mencoba Foto Malam dengan Vivo V27 5G

Latest from Blog

Don't Miss

WhatsApp screen sharing

Fitur Terbaru WhatsApp, Bisa Berbagi Layar Saat Lakukan Video Call

WhatsApp sebagai salah satu platform milik Meta Inc. baru saja
Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi