Dark
Light

Fitur Tambahan Baru di Gmail, Bukan Undo Send Tetapi Restore Contacts

1 min read
December 15, 2010

Ini bisa jadi merupakan tulisan saya sebagai permintaan maaf atas kesalahan atau ketidaktelitian tentang fitur baru Gmail di artikel sebelumnya juga sebagai koreksi. Jadi, selain fitur untuk mendelegasikan email, fitur baru Gmail yang sebelumnya telah di rilis Google adalah restore contacts.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan alamat kontak Google yang mungkin terhapus atau, ketika Anda melakukan kesalahan tertentu atas daftar kontak Google Anda.

Fitur ini merupakan fitur yang fungsinya hampir sama dengan fitur undo send, dalam pengumuman resminya, Google menjelaskan bahwa layaknya fitur undo send, maka kini pengguna Gmail juga bisa melakukan hal yang serupa, minimal dari fungsinya, dengan daftar kontak di akun Google.

Fitur ini berguna jika Anda secara tidak sengaja menghapus beberapa kontak yang telah ditambahkan di akun Gmail Anda, entah karena kesalahan melakukan klik atau ketika melakukan sinkronisasi kontak yang ada di akun Gmail dengan perangkat lain.

Untuk mencoba fitur ini, klik pilihan Contacts yang terdapat pada pilihan menu utama Gmail di bawah tautan Mail, kemudian pilih menu ‘more actions’ dan pilih lagi menu ‘restore contacts’. Nantinya akan ada kotak baru serta berbagai pilihan waktu untuk mengembalikan kontak di akun Gmail Anda.

Google memberikan beberapa batas waktu untuk fitur ini, Anda bisa mengembalikan daftar kontak ke 10 menit sebelumnya, 1 jam, 1 hari sampai dengan 30 hari kebelakang atau Anda bisa mengkustomisasi untuk mendapatkan perkiraan waktu yang tepat.

Jadi misalnya Anda secara tidak sengaja menghapus salah satu kontak relasi Anda yang cukup penting dan tidak menemukan lagi alamat email mereka, kini Anda bisa mengembalikan pengaturan atau daftar alamat kontak Google akun Anda tepat seperti waktu yang Anda inginkan, misalnya kontak itu terhapus 1 jam yang lalu, maka Anda tinggal melakukan pilihan untuk mengembalikan daftar kontak, maka Google akan mengembalikan pengaturan kontak di akun Google Anda seperti sejam yang lalu.

Semua pengaturan yang ditambahkan sebelum waktu yang Anda pilih juga akan hilang, jadi misalnya Anda secara tidak sengaja menghapus kontak tertentu namun secara hampir bersamaan juga telah menambahkan kontak baru, maka ketika Anda mengembalikan daftar kontak ke waktu yang dipilih maka kontak yang baru ditambahkan ini akan hilang. Tetapi Anda bisa menggunakan fasilitas undo untuk mengembalikan daftar kontak ke pengaturan semula.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Siapkah Groupon menghadapi Indonesia?

Next Story

Posterous Luncurkan Posterous Groups

Latest from Blog

Don't Miss

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke
5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi