Dark
Light

WhatsApp Perkuat Keamanan Aplikasi dengan Fitur Keamanan Baru

1 min read
April 14, 2023
Fitur keamanan baru WhatsApp

Sebagai salah satu aplikasi pesan dengan pengguna terbanyak di dunia, WhatsApp terus memperbarui sistem keamanan dan privasi mereka guna menjamin kenyamanan setiap penggunanya.

Sebelumnya, pengguna sudah bisa mengamankan akun mereka melalui dua cara utama, yaitu dengan verifikasi dua langkah dan penggunaan backup yang terenkripsi secara end-to-end. Dan untuk memperkuat lagi, Whatsapp memperkenalkan tiga fitur keamanan baru, yaitu:

Perlindungan Akun

Ketika pengguna mengalihkan akun WhatsApp ke sebuah perangkat baru, WhatsApp akan menjaga dan memastikan bahwa yang melakukan login adalah pengguna yang sama. Melalui fitur ini, WhatsApp akan meminta verifikasi juga dari perangkat lama pengguna sebagai pemeriksaan keamanan tambahan.

Fitur ini ditujukan untuk membantu memperingatkan pengguna jikalau terdapat percobaan login yang tidak sah, yang berniat untuk memindahkan akun pengguna ke perangkat lain.

Verifikasi Perangkat

Malware atau perangkat lunak yang menyusup dan merusak sistem dari dalam, menjadi salah satu ancaman terbesar dalam sistem keamanan dan privasi pengguna media sosial. Malware dapat dimanfaatkan untuk penggunaan WhatsApp tanpa seizin pengguna, dan mengirimkan pesan yang tidak dikehendaki. Hal ini sangat berbahaya jika dibuat untuk tindak kriminal seperti penipuan atau impersonation.

Untuk mencegah ancaman seperti ini, WhatsApp menambahkan pemeriksaan untuk membantu melakukan autentikasi akun. Proses autentikasi ini akan lebih menjaga sistem keamanan aplikasi dari dalam, sehingga pengguna tidak perlu khawatir terhadap malware dan gangguan lainnya.

Kode Keamanan Otomatis

Bagi pengguna yang ingin meningkatkan keamanan WhatsApp mereka lebih tinggi lagi, mereka bisa menggunakan fitur verifikasi kode keamanan, yang berguna untuk memastikan pesan dan chat pengguna benar-benar sampai ke penerima yang dituju.

Untuk memeriksanya, pengguna bisa membuka tab enkripsi pada bagian info kontak. Dengan adanya “Transparansi Kunci”, pengguna bisa secara otomatis melakukan verifikasi bahwa Anda sudah memiliki koneksi yang aman. Itu artinya, ketika mengklik tab enkripsi, pengguna akan menandai bahwa pembicaraan pribadi pengguna aman.

Dengan ketiga fitur keamanan baru ini, WhatsApp terus berharap agar bisa menghalau semua ancaman digital, sehingga pengguna bisa memakai WhatsApp tanpa khawatir.

Amazon Bedrock AWS
Previous Story

Amazon Umumkan Bedrock, Platform Generative AI untuk Pelanggan AWS

asus-rog-phone-7-series-hadir-dengan-gamecool-7
Next Story

ASUS ROG Phone 7 Series Hadir dengan GameCool 7, Bawa Peningkatan Sebesar 168%

Latest from Blog

Don't Miss

Qualcomm Bekerja Sama dengan Meta untuk Inovasi AI On-Device

Qualcomm Technologies, Inc. baru saja mengumumkan kolaborasi besar dengan Meta
WhatsApp screen sharing

Fitur Terbaru WhatsApp, Bisa Berbagi Layar Saat Lakukan Video Call

WhatsApp sebagai salah satu platform milik Meta Inc. baru saja