Fitur Fotografi di OPPO Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G, Terutama Dukungan untuk Kondisi Cahaya Temaram

Spesifikasi teknis dari Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G membawa fitur fotografi dan videografi mumpuni

OPPO telah memperkenalkan secara awal tampilan desain perangkat terbaru mereka Reno8 5G series. Ada dua perangkat yang sementara ini diperkenalkan, Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G.

Untuk bahasan tentang desain, Anda bisa membaca artikel berikut ini dan melihat bagaimana OPPO memikirkan secara cukup detail tentang eksekusi desain di perangkat mereka. Untuk artikel kali ini kita akan membahas secara singkat dukungan teknis dan fitur dari sisi hasil kamera perangkat.

Reno8 Pro 5G dengan MariSilicon X

Untuk perangkat Reno8 Pro 5G OPPO menghadirkan eksekusi estetis yang cukup memberikan pembeda. Layout kamera di bagian belakang sendiri terinspirasi dari kamera sinema klasik yang terdiri dari dua lingkaran besar dan dua lingkaran kecil.

Tidak hanya bagus dari sisi estetis namun inspirasi desain ini juga ada nilai filosofisnya, yaitu OPPO memberikan kesan yang cukup kental dari sisi kemampuan kamera dengan desain yang mirip desain kamera sinematis klasik ini.

Selain ada kamera utama, OPPO juga melengkapi fitur kamera belakang dengan Ring Flash dalam bentuk lingkaran geometris. Fitur lampu ini juga dihadirkan OPPO untuk memberikan kesan estetis tetapi juga fungsional.

Salah satu kelebihan paling utama di perangkat Reno8 Pro 5G dibandingkan dengan varian lainnya adalah ketersediaan MariSilicon X yang merupakan NPU yang dikembangkan langsung oleh OPPO. NPU ini hanya akan hadir di perangkat Reno8 Pro 5G saja.

Marisilicon X diproses dengan teknologi fabrikasi 6nm dan mampu memberikan daya komputasi AI yang efisien. Bahkan bisa mencapai 18 Triliun Operasi per Detik (18 TOPS) serta efisiensi daya di 11,6 TOPS/W, yang disebutkan OPPO terbaik di kelasnya.

Secara praktis, MariSilicon X ini bisa mengurangi noise AI pada video 4K 30fps dengan peningkatan efisiensi daya 11.16x dibandingkan dengan Reno7 Pro 5G.

Selain itu, MariSilicon X ini dalam melakukan pemrosesan AI tingkat lanjut untuk menangkan video 4K dengan rentang ultra dinamis hingga 20bit. Ini dimungkinkan karena pemrosesan real time, lossless yang dilakukan NPU dalam domain RAW.

Keunggulan lain yaitu kemampuan perangkat untuk mengambil mode 4K ultra clear Video untuk portrait saat malam. Kerja sama SoC dan NPU MariSilicon X bisa mengambil gambar 4 kali lebih tinggi dari video 1080P.

Algoritma HDR Fusion dan AINR bisa meningkatkan rentang dinamis video malam sebesar 42.9%.

Untuk pengambilan video saat terang, Reno8 Pro 5G juga cukup powerful. Dukungan MariSilicon X ini bisa menangkap video 4K Ultra HDR meskipun cahaya latar sangat kuat.

Itu untuk urusan perekaman video 4K, nah untuk urusan fotografi tentu saja perangkat ini akan mendapat dukungan maksimal dari spesifikasi teknis yang ada.

Reno8 Pro 5G mampu melakukan pengurangan noise AI pada tiga saluran R/G/B paralel di domain RAW. Ini dimungkinkan dengan sensor kamera terdepan dan algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan. Di sisi teknis, dukungan teknologi ini mampu menghasilkan potret malam hari yang jernih.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga cukup handal untuk mengambil foto dengan kondisi cahaya yang menyorot area objek tertentu dengan bagian lain tidak terkena cahaya. Untuk hasil foto yang seperti ini, OPPO Reno8 Pro 5G mampu merekam objek dengan area hitam yang cukuk pekat dan bebas noise.

Tidak hanya itu untuk urusan kenyamanan, OPPO juga menghadirkan peningkatan pada fitur pratinjau untuk foto yang dibuat 60% lebih cepat.

Keunggulan utama yang bisa disebutkan sampai saat ini adalah 4K Ultra Night Video, 4K Ultra HDR Video, Night Portrait.

Reno8 5G hadir dengan fitur kamera mumpuni

Meski tidak membawa NPU MariSilicon X, namun Reno8 5G tetap bisa menjadi pilihan perangkat yang cukup menarik. Dari sisi desain, perangkat ini mirip dengan Reno8 Pro 5G dengan sedikit perbedaan yaitu dari lengkungan area layout kamera.

Desain area layout kamera dibuat sedemikian rupa sehingga menyatu dengan bagian belakang untuk melindungi kamera dari debu. Desain kamera masih terinspirasi dari kamera sinema klasik, lengkap pula dengan Ring Flash untuk fitur kamera belakang yang lengkap.

Untuk fitur kamera unggulan sendiri, sampai saat ini informasi yang bisa diumumkan adalah dukungan untuk hasil video mumpuni Ultra Night Video dan Ultra HDR Video. Dan untuk fotografi ada fitur Night Portrait.

Untuk perekaman malam hari, Reno8 5G ini akan mampu mendeteksi cahaya sekitar secara otomatis baik pada malam hari atau lingkungan rendah cahaya.

Hadirnya AI akan mampu meningkatkan kualitas gambar, warna dan ketajaman wajah untuk memberikan hasil video portrait yang lebih jelas, lebih cerah dan lebih hidup, baik untuk kamera depan atau belakang.

Tidak hanya untuk cahaya temaram, Reno8 5G juga bisa memberikan kualitas gambar rekam video yang cukup baik. Video Ultra HDR akan aktif secara otomatis pada kondisi pengambilan gambar terdapat bagian paling terang dan paling gelap yang terpolarisasi.

Pada sisi praktis, fitur ini memungkinkan warna asli dan detail objek tetap terlihat jelas.

Untuk hasil kamera portrait malam hari, Reno8 5G membawa sensor kamera terdepan di industri dengan algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan.

Perangkat ini bisa melakukan pengurangan noise AI pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel di format RAW. Seperti halnya perangkat Reno8 Pro 5G, pratinjau dari gambar di perangkat ini juga ditingkatkan, sebesar 40% lebih cepat.

Keunggulan utama yang bisa disebutkan sampai saat ini adalah Ultra Night Video, Ultra HDR Video, Night Portrait.

Perpaduan antara desain yang keren dan fitur fotografi yang mumpuni menjadikan perangkat Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G adalah perangkat yang menarik untuk ditunggu. OPPO sendiri memang belum membeberkan secara lengkap fitur dan spesifikasi termasuk ketersediaan dan harga. Rencananya dalam waktu dekat OPPO akan meluncurkan secara resmi Reno8 Series.

Anda yang penasaran akan hasil foto dari Reno8 Pro 5G bisa pantau terus Hybrid.co.id, kami sedang menyiapkan artikel yang menampilkan beberapa hasil foto dari perangkat ini.