Dark
Light

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

3 mins read
September 11, 2024
Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya
Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya | Foto Apple

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab sudah. Apple telah resmi memperkenalkan iPhone 16 Series yang terdiri dari iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Mari fokus membahas iPhone 16 dan versi Plus-nya terlebih dahulu. Paling utama adalah keduanya mengusung perubahan desain kamera belakang dan peningkatan performa yang signifikan berkat chipset 3nm Apple A18.

Apa lagi inovasi baru yang dibawanya? Seperti apa perbedaan antara iPhone 16 dan iPhone 16 Pro? Berapa harganya dan bagaimana jika dibandingkan dengan pendahulunya? Mari bahas lebih dalam.

Apa yang Baru

Ketersediaan-Warna-Apple-iPhone-16
Ketersediaan Warna Apple iPhone 16 | Foto Apple

Dari yang terlihat, duo iPhone anyar ini tampil sedikit berbeda. Terutama pada bagian belakang, desain modul kameranya mengalami perubahan. Jika sebelumnya posisi kamera tersusun secara diagonal, kini menjadi vertikal yang tampak lebih simpel.

Selain itu, di sebelah kanan bodi terdapat tombol taptic Camera Control baru dengan berbagai fungsi tergantung tekanan dan gerakan. Guna memudahkan pengguna mengakses kamera dan menyesuaikan pengaturan kamera dengan lebih cepat.

Mulai dari klik sekali untuk membuka aplikasi kamera, klik lagi untuk langsung mengambil foto atau mulai merekam dalam mode video. Lalu, tekan ringan untuk membuka kontrol seperti zoom dan usap jari untuk menggeser zoom. Tekan dua kali untuk memilih pengaturan kamera lainnya dan usap untuk menyesuaikan pengaturan tersebut.

Kemudian di sebelah kiri atas, kini tersemat tombol Action yang pertama kali ada pada model Pro tahun lalu. Tombol Action ini menggantikan tombol mute dan dapat disesuaikan. Pengguna dapat mengaturnya untuk mengaktifkan senter atau rekaman Voice Memo.

Tombol ini dapat memicu shortcut dan mulai iOS 18 dapat menggunakannya untuk menyesuaikan pengaturan Control Center. Pengguna dapat mengatur tombol Action agar memiliki fungsi yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Selain dapat mengetahui iPhone baru dari desain kamera, tombol Camera Control, dan tombol Action, Anda juga dapat memilih opsi warna barunya. Terutama warna Ultramarine dan Teal, opsi lainnya termasuk Pin, White, dan warna klasik Black.

Dari segi performa, kedua model ini akan menjalankan iOS 18 dengan rangkaian fitur berbasis AI yang disebut Apple Intelligence. Serta, ditenagai oleh chipset Apple A18 yang sangat powerful.

SoC tersebut dibuat dengan proses fabrikasi 3nm. Didalamnya termasuk CPU 6-core dengan dua inti performa dan empat inti efisiensi. Serta, GPU 5-core dan Neural Engine 16‑core.

Apple mengklaim CPU-nya meningkat 30% lebih kencang dibandingkan dengan CPU Apple A16 Bionic pada iPhone 15. Kemampuan olah grafisnya meningkat sebanyak 45% dan jauh lebih hemat hingga 30% dari generasi sebelumnya.

Sistem pendinginnya dapat membuat performanya tetap terjaga 30% dari sebelumnya dan peningkatan ray tracing membuat frame rate 5x lebih baik. Sedangkan untuk konektivitas, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mendukung Bluetooth 5.4, Wi-Fi 6E, dan port USB Type-C. Keduanya juga mendukung pengisian daya cepat dan pengisian daya nirkabel MagSafe.

Perbedaan Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Perbedaan-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus
Perbedaan Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus | Foto Apple

Bicara mengenai perbedaan antara iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, sebetulnya tentang ukuran layarnya saja. iPhone 16 masih mempertahankan layar 6,1 inci sehingga dimensinya lebih kecil, membuatnya lebih mudah digenggam dan lebih nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Sementara, iPhone 16 Plus menawarkan layar yang lebih besar 6,7 inci. Keuntungannya layar yang lebih besar memudahkan dalam melakukan tugas multitasking dan memberikan pengalaman visual yang lebih memuaskan, terutama saat nonton film dan bermain game.

Keduanya dibekali panel Super Retina XDR OLED dengan tingkat kerapatan sekitar 460 ppi yang dilapisi kaca pelindung Ceramic Shield Glas dan notch Dynamic Island. Layarnya mendukung HDR10, Dolby Vision, dan tingkat kecerahan puncak mencapai 2.000 nits. Spesifikasi layarnya ini masih identik seperti yang ditemukan pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Secara menyeluruh, desain kedua model ini masih cukup identik dengan generasi sebelumnya. Tampil elegan dengan material kaca di bagian belakang dan bingkai aluminium. Bodinya memiliki sertifikasi tahan air dan debu IP68, serta fitur keamanan Face ID tetap menjadi keamanan biometrik utama.

Kemampuan Kamera

Kemampuan-Kamera-iPhone-16
Kemampuan Kamera iPhone 16 | Foto Apple

Duo model iPhone ini dilengkapi dengan konfigurasi kamera belakang ganda yang sama seperti sebelumnya, tetapi kamera sekundernya mendapat peningkatan. Kamera utamanya mengandalkan Fusion Camera 48MP berukuran 1/1.56 inci dengan piksel 1.0µm, yang dapat mengambil foto resolusi tinggi 48MP dan 24MP.

Dipasangkan lensa wide 26mm, aperture f/1.6, dual pixel PDAF, 100% Focus Pixels, dan sensor-shift OIS. Meski tidak memiliki kamera khusus dengan lensa telephoto, gabungan fitur tersebut membuat kamera utama dapat berfungsi sebagai kamera telephoto. Ia dapat mengambil gambar 12MP dengan 2x zoom (52mm) berkualitas optik.

Selain itu, kamera kedua 12MP dengan lensa ultrawide 13mm f/2.2 yang dapat menangkap bidang pandang 120 derajat ini mendapatkan peningkatan penting. Kini telah dibekali fitur dual pixel PDAF, 100% Focus Pixels, membuatnya berfungsi ganda sebagai lensa macro.

Satu lagi adalah kamera depan 12MP dengan lensa wide 23mm dan aperture f/1.9. Didukung Autofocus dengan Focus Pixels dan teknologi Time-of-Flight (ToF) untuk mendukung pengambilan foto selfie dan video call dengan kualitas lebih tinggi.

Untuk perekam videonya, mereka dapat menghasilkan footage 4K Dolby Vision dengan opsi frame rate 24 fps, 25 fps, 30 fps, dan 60 fps. Serta, 1080p Dolby Vision dengan frame rate 25 fps, 30 fps, dan 60 fps. Mode Cinematic dapat merekam video hingga 4K HDR pada 30 fps, sayangnya kecanggihan perekam videonya tidak bisa dinikmati secara optimal karena kapasitas memorinya yang terbatas mulai dari 128GB.

Verdict Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Verdict-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus
Verdict Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus | Foto Apple

Itulah sejumlah fitur dan inovasi terbaru yang ditawarkan oleh Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Tidak membawa perubahan besar, melainkan pembaruan performa tahunan dan polesan peningkatan kecil di sana sini.

Sayangnya kecanggihan yang ditawarkan oleh iPhone baru ini masih tidak dapat dioptimalkan dengan baik, terutama kalau Anda penggemar fotografi, content creator, dan hobi bermain game mobile AAA. Sebab konfigurasi dasar penyimpanan internalnya masih 128GB, bisa habis sekejap jika Anda merekam video 4K Dolby Vision 60 fps.

Berikut harga Apple iPhone 16 Series:

Harga Apple iPhone 16

  • 128GB US$799
  • 256GB $899
  • 512GB $1099

Harga Apple iPhone 16 Plus

  • 128GB $899
  • 256GB $999
  • 512GB $1199
Previous Story

vivo Watch 3 Pilihan Baru untuk Dukung Gaya Hidup Sehat dan Produktif

Kenapa-Apple-iPhone-16-Pro-dan-iPhone-16-Pro-Max-Perbandingan-dan-Fitur-Terbarunya
Next Story

Yakin Mau Beli Apple iPhone 16 Pro Series? Perbandingan dan Fitur Terbarunya

Latest from Blog

Don't Miss

Kenapa-Apple-iPhone-16-Pro-dan-iPhone-16-Pro-Max-Perbandingan-dan-Fitur-Terbarunya

Yakin Mau Beli Apple iPhone 16 Pro Series? Perbandingan dan Fitur Terbarunya

Apple sekali lagi berhasil membuat para penggemar teknologi terkesima lewat
Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius