26 August 2022

by Lukman Azis

Fitbit Umumkan Smartwatch Sense 2, Versa 4, dan Fitness Tracker Inspire 3

Keunggulan Fitbit Sense 2 adalah kemampuan pelacakan stres sepanjang hari berkat sensor baru

Fitbit telah memperkenalkan tiga perangkat wearable terbarunya, mencakup dua smartwatch Sense 2 dan Versa 4, serta fitness tracker Inspire 3. Ketiga perangkat ini tidak menjalankan Wear OS 3, mungkin karena sudah dalam pengembangan saat akuisisi Fitbit oleh Google terjadi.

Namun Google menjanjikan bahwa aplikasi Maps dan Wallet akan segera tersedia di Fitbit Sense 2 dan Versa 4. Keunggulan Fitbit Sense 2 adalah kemampuan pelacakan stres sepanjang hari berkat sensor continuous electrodermal activity (cEDA).

Sensor baru ini memungkinkan pelacakan stres secara terus menerus dan memperingatkan pengguna saat tingkat stres terlalu tinggi. Kemudian Sense 2 akan merekomendasikan hal-hal seperti pencatatan suasana hati, pernapasan terpadu, dan sesi mindfulness untuk manajemen tingkat stres.

Di sisi software, Fitbit menghadirkan beberapa mode latihan baru termasuk HIIT, angkat besi, dan dance sehingga totalnya menjadi 40 di Sense 2 dan Versa 4. Lengkap dengan GPS dan lebih dari 1.000 workout dengan berlangganan Fitbit Premium.

Pengguna juga akan disuguhkan data pelacakan tidur yang sangat detail dan Daily Readiness Score yang memberi tahu kapan harus bekerja keras atau beristirahat. Tiap pembelian perangkat wearable ini akan mendapatkan keanggotaan Fitbit Premium gratis selama enam bulan dan akan diperpanjang secara otomatis.

Dari segi desain, Fitbit Sense 2 dan Versa 4 dilengkapi tombol fisik. Keduanya tampil lebih tipis dan ringan. Fitur lainnya meliputi pemantauan detak jantung 24/7, statistik real-time, dan masa pakai baterai lebih dari enam hari. Berkat fitur pengisian cepat, mengisi daya 12 menit memungkinkan satu hari penggunaan.

Pindah Inspire 3, iterasi terbaru dari fitness tracker entry-level Fitbit ini dapat mencatat aktivitas, detak jantung, kalori, jarak, tidur, dan stres. Semua fitur tersebut ditanamkan dalam bodi ringkas dan ringan. Ia dapat bertahan hingga 10 hari tergantung dari penggunaan, dengan fitur always-on display yang aktif bisa bertahan tiga hari atau lebih.

Soal harga, smartwatch Fitbit yang paling premium yakni Sense 2 dijual seharga US$299 atau sekitar Rp4,4 jutaan. Kemudian untuk Versa 4 dibanderol US$229 atau Rp3,3 jutaan dan US$99 atau Rp1,4 jutaan untuk Inspire 3.

Sumber: GSMArena