Dark
Light

Firefox Mobile: Add-ons di Layar Handphone

1 min read
December 24, 2009

firefoxmobileBeberapa hari yang lalu ada dua tulisan dari DailySocial yang berhubungan dengan data-data pengguna browser, dan di beberapa data menampilkan dominasi Firefox untuk browser desktop. Dengan sukses yang diraih ini, Firefox mulai beralih untuk berusaha juga meraih sukses yang sama lewat mobile web browser.

Seperti yang dilansir BBC, Jay Sullivan, Mozilla VP Mobile mengatakan bahwa versi mobile ini sedang dalam proses tes final dan kemungkinan akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Aplikasi yang diberi nama Fennec ini akan tersinkronasi dengan Nokia N900 dan nantinya juga bisa digunakan untuk mobile phone lain.

Mobile Firefox akan membawa pengalaman menggunakan internet di desktop ke mobile device, sebagain besar fungsi-fungsi Firefox seperti tabs, lalu bar addres yang bisa berfungsi juga untuk bar search engine, bookmarks dan tags untuk favorite sites anda, sinkronisasi antara mobile dan desktop, fungsi one-touch bookmarking dan aplikasi yang selama ini menjadi salah satu keunggulan Firefox: add-ons, akan didapatkan juga pada versi mobile.

Masih seperti yang dilansir BBC, add-ons dalam versi mobile, tentu akan berbeda dengan versi desktop, akan ada beberapa penyesuaian yang membedakannya dengan versi dekstop, lalu tersedia juga fasilitas sync antara versi mobile dan desktop yang akan memudahkan user, jika anda diharuskan meninggalkan komputer lalu beralih ke mobile device, anda bisa langsung meneruskan browsing ke versi mobile secara otomatis.

Jelas, aplikasi ini akan bersaing, minimal dengan Opera Mini yang menjadi salah satu aplikasi browser paling populer untuk versi mobile. Untuk pengguna Indonesia, Opera Mini juga menjadi salah satu yang paling populer, selain dari kegunaannya ini juga bisa jadi dipengaruhi promosi bersar-besaran vendor mobile phone yang mengintegrasikan Opera Mini sebagai keunggulan utama mobile phone, untuk menjawab trend pengguna Facebook dan social networking lain.

Firefox dikabarkan terus menjadi browser paling populer, seperti yang diberitakan DailySocial beberapa waktu lalu, termasuk di Indonesia. Selain itu industri mobile phone di Indonesia memang lagi gila-gilanya, trend HP qwerty, yang kini semakin murah, blow up aplikasi berbasis java untuk berinternet serta beberapa aplikasi berbasis content mobile yang semakin banyak bermunculan.

Terus terang saya sangat penasaran, apakah Firefox versi mobile ini, ketika nanti diluncurkan secara masif  dan bisa kompatibel dengan banyak merek mobile phone, akan mengikuti sukses Firefox versi desktop? Apalagi jika melihat penjelasan video dari blog resmi Firefox, serta iming-iming bahwa penggunaan aplikasi mobile ini akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan apa yang anda dapatkan di versi dekstop.

Bagaimana pendapat anda? Ada yang sudah mencoba versi beta dari Firefox mobile? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. sejak sebulan yang lalu saya sudah coba Fennec di Windows Mobile, tapi kok rasanya masih sulit buat bersaing ya? bahkan dengan Opera Mobile (bukan Opera Mini)

  2. Baru nyoba Fennec yg versi desktop (XUL) karena nggak punya Nokia N900.
    So far so good, cuma masih banyak web site (misalnya DS, Koprol) yg belum detect Fennec, jadi halaman yg kebuka bukan versi mobile tapi versi full.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Mojopia Terancam Gagal?

Next Story

Doocu: Aplikasi Lokal Untuk Upload-Convert-Share

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Luncurkan Browser Khusus untuk Gear VR

Teknologi virtual reality (VR) perlahan mulai memasuki kategori mainstream dengan

Extension Buat Microsoft Edge Baru Akan Hadir Tahun Depan

Browser baru Windows 10, Microsoft Edge, punya sederet keunggulan yang