27 June 2022

by Daniel Hamiaz

Final Fantasy Record Keeper akan Resmi Ditutup setelah 7 Tahun Aktif

Server untuk luar Jepang akan resmi dihentikan pada 29 September nanti, sedangkan server Jepang masih tetap lanjutkan layanan.

Setelah tujuh tahun semenjak perilisannya, Final Fantasy Record Keeper akhirnya menghentikan layanan mereka. Square Enix dan DeNA selaku pihak pengembang, mengumumkan hal tersebut melalui akun Twitter resmi mereka.

Penutupan server yang mereka lakukan akan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2022 dan diberlakukan kepada server di luar Jepang. Selain itu, transaksi digital yang dilakukan di dalam game mobile ini, akan distop per tanggal 30 Agustus.

">

Belum ada pernyataan resmi mengenai alasan penutupan game yang dirilis pada tahun 2015 ini. Namun sepertinya, angka pemain yang terus menurun mungkin menjadi alasan yang kuat tutupnya pelayanan game ini.

Banyak pemain yang kecewa atas pengumuman ini. Salah satu alasan mereka adalah karena penutupan ini hanya diterapkan untuk server global, dan mereka tidak bisa melanjutkan progress akun mereka di server Jepang, maupun private server. Ada juga yang menyatakan bahwa mengapa Final Fantasy Record Keeper harus dihentikan, sementara cerita di dalam game ini belum tamat sepenuhnya.

Server Jepang diketahui dirilis setahun lebih awal dibandingkan untuk server global. Hal ini cukup menarik, mengingat server yang ditutup, malah server yang lebih muda, sedangkan layanan server di Jepanglah yang dilanjutkan. Masih belum ada jaminan juga, apakah server Jepang masih akan dijalankan dalam waktu yang panjang atau hanya untuk beberapa saat.

Walaupun penutupan game online merupakan hal yang tak terelakkan, Square Enix juga menyertakan game FF mereka yang lain, yaitu Final Fantasy Brave Exvius. Mereka menyambut para pemain setia FFRK untuk mencicipi FFBE.

">?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1540152731863658496%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.gamesradar.com%2Ffinal-fantasy-record-keeper-is-closing-down-after-seven-years%2F

Dilansir dari Sensor Tower, Final Fantasy Record Keeper telah diunduh sebanyak lebih dari 5 ribu kali di App Store untuk region Amerika Serikat. Per 22 Juni 2022, game gratis ini telah menghasilkan pendapatan bersih sebesar lebih dari USD100 ribu.

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pemain FFRK saat ini dan di masa lalu. Tanpa Anda, kami mungkin tidak bisa berjalan hingga lebih dari tujuh tahun lamanya. Pixel art merupakan salah satu seni favoritku, jadi mengembangkan game ini selama tujuh tahun lamanya, dengan versi Pixel Art, menyisakan banyak sekali kenangan, bersama dengan petualangan Tyro dan teman-temannya," kata Yu Sasaki sebagai Produser Development.

"Seiring perayaan tahun ke-35 Final Fantasy, Saya yakin seri ini akan tetap membawa cerita yang luar biasa. Saya harap, Anda bisa melanjutkan cerita-cerita yang akan datang. Terima kasih karena telah menjadi bagian dari game ini!" lanjutnya.

--

Di sisi lain, Final Fantasy 7 Remake justru semakin masif karena direncanakan untuk jadi trilogi. Baca detailnya di artikel ini.