20 February 2023

by Daniel Hamiaz

Film Tetris akan Segera Rilis di Apple TV

Dibintangi oleh Taron Egerton, film ini menceritakan bagaimana Tetris menjadi game yang sangat populer di masa itu

Siapa yang tidak mengenal Tetris? Sebuah game klasik sederhana namun dapat menjadi candu bagi para pemainnya. Game berusia hampir 40 tahun ini bahkan masih dimainkan hingga sekarang dan merupakan salah satu game yang paling berdampak sepanjang sejarah.

Apple TV baru saja mengunggah sebuah trailer dari film berjudul "Tetris". Berbeda dengan kebanyakan game, Tetris tidak memiliki karakter maupun sebuah plot cerita. Lalu apa yang akan diceritakan di dalam film Tetris? Ternyata film ini nantinya akan mengangkat cerita di balik bagaimana Tetris dibuat dan menjadi hit pada zamannya. Anda bisa simak trailer-nya di bawah ini:

Di balik tampilannya dengan balok berbagai bentuk dan berwarna-warni, ternyata terdapat cerita yang sangat dalam di baliknya. Tetris diciptakan pada tahun 1985 oleh Alexey Pajitnov.

Film ini menceritakan bagaimana Henk Rogers (diperankan oleh Taron Egerton), seorang penjual video game asal Amerika Serikat yang pergi ke Uni Soviet. Ia berniat untuk mengamankan haknya atas distribusi game Tetris, sebab ia sangat terpukau dengannya.

Untuk mencapai tujuannya tersebut, ia berniat untuk menemui sang penemu Tetris, Alexey Pajitnov (Nikita Efremov), seorang insinyur Soviet. Rogers mempertaruhkan perjalanannya tersebut, sebab saat itu suasana perang dingin masih sangat terasa. Ditambah lagi, hukum komunis di kala itu menganggap semua game atau permainan yang dibuat warganya adalah milik Uni Soviet. Jadi, Rogers harus melakukan negosiasi langsung dengan rezim saat itu dengan segala resikonya untuk mendapatkan hak distribusi.

Jadi, selain bercerita tentang bagaimana awal mula Tetris, film ini juga sedikit banyak menceritakan bagaimana situasi dan kondisi di akhir perang dingin. Banyak adegan di dalam trailer yang cukup dramatis, menjadikan Tetris sebuah film yang memiliki sudut pandang dan pendekatan yang berbeda. Hal yang tidak lazim ditemukan dalam sebuah film game klasik, contohnya seperti Pixels atau Sonic.

Menurut perusahaan Tetris, game Tetris berhasil terjual sebanyak 520 juta kopi dan menjadikannya sebagai salah satu game dengan penjualan terbanyak. Film Tetris akan dirilis pada 31 Maret 2023 secara global dan bisa ditonton di layanan Apple TV+.