Gran Turismo Dapatkan Film Adaptasi, Tayang Agustus Tahun Ini

Film ini mengangkat kisah nyata dari Jann Mardenborough, pemain Gran Turismo yang berhasil menjadi atlet balap mobil profesional

Sony Pictures Entertainment baru saja menayangkan trailer terbaru untuk film adaptasi dari salah satu seri game balap mobil paling ikonik, Gran Turismo. Film ini akan disutradarai oleh Neill Blomkamp (District 9, Chappie, Rakka) dan mengangkat kisah nyata dari Jann Mardenborough, seorang gamer Gran Turismo yang berhasil menjadi pembalap mobil profesional.

Pesona dan daya tarik yang dimiliki oleh game Gran Turismo ditampilkan sekilas dalam trailer tersebut, seperti mobil-mobil yang sedang balapan, baik secara digital maupun secara fisik. Awalnya sang sutradara mengakui bahwa mengangkat game racing simulator ke layar lebar cukup membingungkan. Namun ia tetap menerima tawaran yang disuguhkan kepadanya.

Dalam PlayStation Blog, Neill Blomkamp kagum ketika mengetahui kisah dari Jann Mardenborough yang belajar mengemudi dari video game dan akhirnya bisa berkompetisi dengan para pembalap profesional di sirkuit balap yang asli. Ia mengaku cerita ini sangat menginspirasi, dan merasa tertantang untuk menggarap cerita ini dengan gayanya.

Sebelumnya, film-film Neill dikenal dengan suasananya yang cukup berat dan kelam, sehingga film Gran Turismo yang lebih inspiratif akan menjadi angin segar baginya. Karena Gran Turismo akan menjadi film bertema balapan perdananya, ia mengaku banyak mengambil referensi dari film balap klasik, Le Mans (1971).

Film ini dibintangi oleh dua aktor kawakan, yaitu David Harbour (Hellboy, Stranger Things, Black Widow) dan Orlando Bloom (The Lord of the Rings, Pirates of the Caribbean, Troy). Untuk Jann Mardenborough muda akan diperankan oleh aktor muda Archie Madekwe (Voyagers, See, Teen Spirit).

Pengumuman Gran Turismo ini disambut baik oleh para penggemarnya. Mengingat seri balapan klasik ini sudah ada sejak tahun 1997, film ini mungkin akan lebih banyak menarik penonton dari kalangan usia dewasa ke atas. Apalagi, terdapat adegan-adegan bermain game Gran Turismo yang mungkin akan membentuk rasa nostalgia tersendiri bagi para penontonnya.

Film Gran Turismo direncanakan tayang di bioskop pada bulan Agustus nanti, dengan tanggal yang masih dirahasiakan. Tampaknya, dalam beberapa waktu ke depan akan lebih banyak film yang mengangkat tema dari video game, terlebih karena kesuksesan besar dari film jenis ini, seperti yang dialami oleh film Super Mario Bros.