Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

AMD Umumkan Teknologi Penambah FPS “FidelityFX Super Resolution”

3 June 2021Sean Edbert

Teknologi ini diklaim dapat menambah FPS sampai 3 kali lipat!

Setelah mendorong produksi GPU, AMD mengumumkan teknologi terbarunya yang berfungsi sebagai penambah performa. Teknologi bernama FidelityFX Super Resolution ini akan rilis tanggal 22 Juni. Dengan teknologi ini, AMD berharap pemilik GPU-GPU seri lama akan mendapatkan performa lebih tanpa harus membeli GPU baru.

AMD membuat FidelityFX Super Resolution atau FSR untuk menyaingi NVIDIA Deep Learning Super Sampling (DLSS). Tetapi, teknologi ini berbeda dengan NVIDIA DLSS yang menggunakan artificial intellegence untuk meningkatkan game ke resolusi yang lebih tinggi tanpa mempengaruhi performa. AMD FSR tidak memerlukan AI untuk melakukan itu semua.

Menurut video demo yang dirilis oleh AMD pada 1 Juni, FSR akan memiliki beberapa mode. Dengan FSR mode Ultra Quality, game GodFall mencatatkan 78 FPS dibandingkan dengan standar yang hanya 49 FPS. Artinya, mode ini dapat menambah FPS hingga 60% pada Radeon RX 6800 XT. Pada demo ini, grafis game disetting rata kanan dengan RayTracing dinyalakan.

Image Credit: AMD

Video demo ini juga menampilkan mode-mode lain, salah satunya adalah Performance. Mode ini mencatatkan 150 FPS dibandingkan 49 FPS, artinya mode ini menambah FPS 3 kali lipat dari biasanya.

Image Credit: AMD

Tidak hanya di GPU-GPU AMD, FSR juga dapat digunakan pada GPU NVIDIA. Melihat video demo, AMD juga menguji teknologi mereka di NVIDIA GeForce GTX 1060. Dengan settingan grafis Epic dan resolusi layar 1440p, GTX 1060 mendapatkan 27 FPS. Dan dengan FSR, mendapatkan 38 FPS.

Karena merupakan teknologi open-source, FSR tentu saja akan mendukung lebih banyak GPU dan CPU, termasuk GPU NVIDIA. AMD menjanjikan kompabilitas lebih dari 100 GPU. Tetapi, tidak semua game akan mendukung FSR. Oleh karena itu, AMD membuka survei untuk menambah game yang akan mendukung FSR. Untuk daftar lengkap game yang akan mendukung FSR, Anda dapat melihatnya di sini.

FidelityFX Super Resolution ini akan mendukung GPU-GPU generasi baru maupun lama seperti AMD RX 6000, RX 5000, RX 500, RX Vega Series. Teknologi ini juga dapat digunakan pada laptop yang memiliki AMD Ryzen dengan APU Radeon Graphics. FSR ini juga dapat digunakan di GPU-GPU NVIDIA baru hingga GTX 10-series.

Tentu saja, ini merupakan langkah bagus dari AMD dengan upaya mengatasi kelangkaan GPU yang sedang terjadi. Teknologi ini membuat banyak gamer (termasuk saya) tidak perlu membeli GPU baru untuk menjalankan game berat. Well done AMD!

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV